Sabtu, 16 Mac 2019

News – Kiblat. 9250.



News – Kiblat

Blogger: p3C3q™ - Senarai Pembacaan


Dua Roket Hantam Tel Aviv

redaksi2 pada News – Kiblat - 2 jam yang lalu
Rekaman itu juga menunjukkan dua rudal terbang di atas gedung-gedung tinggi bersamaan suara sirene peringatan. The post Dua Roket Hantam Tel Aviv appeared first on Kiblat.

Khutbah Jumat: Jangan Mengubah Kitab Suci Seperti Yahudi!

aiman pada News – Kiblat - 2 jam yang lalu
Khutbah Jumat: Jangan Mengubah Kitab Sudi Seperti Yahudi! The post Khutbah Jumat: Jangan Mengubah Kitab Suci Seperti Yahudi! appeared first on Kiblat.

DPR Diminta Tunda Ratifikasi FTA Di Tahun Politik 2019

Rusydan pada News – Kiblat - 10 jam yang lalu
Puluhan bab dan ratusan halaman perjanjian FTA yang akan diratifikasi dinilai mustahil jika dibahas hanya dalam waktu 60 hari kerja. The post DPR Diminta Tunda Ratifikasi FTA Di Tahun Politik 2019 appeared first on Kiblat.

Istri Siyono: Kami Masih Berharap Keadilan

taufiq pada News – Kiblat - 13 jam yang lalu
Suratmi, Istri almarhum Siyono hingga saat ini masih meminta kejelasan dari pihak kepolisian atas kasus yang menimpa suaminya tersebut. The post Istri Siyono: Kami Masih Berharap Keadilan appeared first on Kiblat .

KontraS Nilai Penggunaan Senjata Api Oleh Polisi Harus Diaudit

taufiq pada News – Kiblat - 13 jam yang lalu
Kepala Divisi Advokasi Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), Arif Nur Fikri menyatakan bahwa kepolisian seharusnya lebih memperhatikan proses-proses audit terhadap penggunaan senjata api. The post KontraS Nilai Penggunaan Senjata Api Oleh Polisi Harus Diaudit appeared first on Kiblat.

Pushami Desak Densus 88 Dibubarkan Jika Kasus Siyono Tak Tuntas

Rusydan pada News – Kiblat - 13 jam yang lalu
Pushami menilai, kasus salah tangkap dan berujung kematian merupakan pelanggaran HAM berat. The post Pushami Desak Densus 88 Dibubarkan Jika Kasus Siyono Tak Tuntas appeared first on Kiblat.

4 Juta Orang Terancam Kehilangan Hak Pilih Karena KTP-EL, Begini Pembelaan Dukcapil

Rusydan pada News – Kiblat - 16 jam yang lalu
KTP-el merupakan satu-satunya dokumen yang bisa digunakan untuk memilih dalam pemilu serentak 2019. The post 4 Juta Orang Terancam Kehilangan Hak Pilih Karena KTP-EL, Begini Pembelaan Dukcapil appeared first on Kiblat.

Peneliti Jerman Ungkap Jumlah Uighur di Kamp Konsentrasi Cina

Ibas pada News – Kiblat - 16 jam yang lalu
Zenz, yang kerap mengamati tentang kebijakan Cina, mengatakan bahwa jumlah itu diperkirakan berdasarkan data gambar satelit, rilis publik terkait tempat penahanan serta laporan saksi dan anggota keluarga yang hilang. The post Peneliti Jerman Ungkap Jumlah Uighur di Kamp Konsentrasi Cina appeared first on Kiblat.

HTS: Rusia Targetkan Penjara Pusat Idlib Setelah Jaringan Agennya Terungkap

redaksi2 pada News – Kiblat - 16 jam yang lalu
Jaringan itu bertanggung jawab atas serangan bom kembar di pusat kota Idlib pada 18 Februari 2019 lalu The post HTS: Rusia Targetkan Penjara Pusat Idlib Setelah Jaringan Agennya Terungkap appeared first on Kiblat.

Gantz Bersumpah Terus Bidik Pemimpin Hamas Jika Terpilih Jadi PM Israel

Ibas pada News – Kiblat - 19 jam yang lalu
"Jika mereka menyerang kita, mereka akan menghadapi aksi kekerasan, bahkan pembunuhan yang tertarget -jika diperlukan. Hamas tahu persis apa yang kita maksudkan dengan itu," kata mantan Menteri Pertahanan Israel itu. The post Gantz Bersumpah Terus Bidik Pemimpin Hamas Jika Terpilih Jadi PM Israel appeared first on Kiblat.

Rusia: Serangan Udara Kami di Idlib Sudah dengan Koordinasi Turki

redaksi2 pada News – Kiblat - 19 jam yang lalu
Sementara itu, Turki belum mengomentari serangan udara dan pernyataan Dephan Rusia ini saat laporan ini ditulis. The post Rusia: Serangan Udara Kami di Idlib Sudah dengan Koordinasi Turki appeared first on Kiblat.

Taliban Unggah Foto Tempat Persembunyian Almarhum Mullah Umar

redaksi2 pada News – Kiblat - 19 jam yang lalu
Mullah Umar menggunakan taman di tempat persembunyiannya untuk berjemur. The post Taliban Unggah Foto Tempat Persembunyian <em>Almarhum</em> Mullah Umar appeared first on Kiblat.

Kamp Pengungsi di Idlib Jadi Target Pemboman Rusia dan Suriah

Ibas pada News – Kiblat - 19 jam yang lalu
Rezim Assad dan pendukungnya telah berkali-kali melanggar perjanjian. Sejak perjanjian Sochi tercapai pada bulan September, setidaknya 126 warga sipil telah kehilangan nyawa mereka. The post Kamp Pengungsi di Idlib Jadi Target Pemboman Rusia dan Suriah appeared first on Kiblat.

Tiga Tahun Kasus Siyono, KontraS Soroti Dua Hal Ini

taufiq pada News – Kiblat - 19 jam yang lalu
Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) memberikan perhatian khusus terkait tiga tahun kasus Siyono. The post Tiga Tahun Kasus Siyono, KontraS Soroti Dua Hal Ini appeared first on Kiblat.

Pameran Industri Syariah Terlengkap dan Terbesar Akan Digelar di Jakarta

taufiq pada News – Kiblat - 22 jam yang lalu
Muslim Lifestyle Festival 2019 dan Islamic Tourism Expo 2019 akan diadakan di Jakarta pada Agustus mendatang. The post Pameran Industri Syariah Terlengkap dan Terbesar Akan Digelar di Jakarta appeared first on Kiblat.

Kemenkes Berencana Bangun 270 Puskesmas di Daerah Perbatasan dan Tertinggal

taufiq pada News – Kiblat - 22 jam yang lalu
Kementerian Kesehatan berencana membangun 270 Puskesmas di daerah perbatasan dan daerah Tertinggal. The post Kemenkes Berencana Bangun 270 Puskesmas di Daerah Perbatasan dan Tertinggal appeared first on Kiblat.

Kemendagri, KPU dan Bawaslu Dicecar Komisi II DPR Soal KTP Elektronik

taufiq pada News – Kiblat - 22 jam yang lalu
Rapat dengar pendapat Komisi II DPR RI dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kementrian Dalam Negeri, berlangsung alot The post Kemendagri, KPU dan Bawaslu Dicecar Komisi II DPR Soal KTP Elektronik appeared first on Kiblat.

Istri Terduga Teroris di Sibolga Ledakkan Diri, Begini Keterangan Polisi

taufiq pada News – Kiblat - 22 jam yang lalu
Densus juga ingin menangkap istri dari AH, namun yang bersangkutan dikabarkan meledakkan diri bersama anaknya. The post Istri Terduga Teroris di Sibolga Ledakkan Diri, Begini Keterangan Polisi appeared first on Kiblat.

Belasan Tentara Afghanistan Tewas dan Terluka dalam Serangan Udara AS

redaksi2 pada News – Kiblat - Sehari yang lalu
"Serangan-serangan dilancarkan setelah pasukan Afghanistan dan AS ditembaki dengan tembakan senjata ringan, mortir dan gerakan luncur. Pasukan di lapangan meminta dukungan untuk melindungi diri," kata juru bicara misi NATO, Debra Richardson. The post Belasan Tentara Afghanistan Tewas dan Terluka dalam Serangan Udara AS appeared first on Kiblat.

Saling Lapor Jelang Pemilu, Ketua ICMI: Negara Bisa Kosong Gara-gara Beda Pendapat

Imam pada News – Kiblat - Sehari yang lalu
"Kalau semua orang masuk penjara, nanti negara kosong cuma gara-gara beda pendapat" The post Saling Lapor Jelang Pemilu, Ketua ICMI: Negara Bisa Kosong Gara-gara Beda Pendapat appeared first on Kiblat.






CHRISTCHURCH — Seorang WNI bernama Kevin berhasil menyelamatkan diri dari penembakan di masjid Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). Dia menceritakan bagaiamana kejadian tragis itu berlangsung.
Kevin yang merupakan nggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Selandia baru itu mengatakan, saat kejadian berlangsung ia sedang berada di Masjid Al-Noor. Dirinya bersama teman-temannya melaksanakan ibadah salat Jumat di tempat itu.
“Aku (salat Jumat) sama teman-teman bukan WNI,” kata Kevin seperti dikutip dari kumparan, Jumat (15/3/2019).
Kevin mengaku mendengar suara keras saat khatib membacakan khotbah. Suara itu berasal dari arah pintu masuk masjid.
“Di dalam masjid lagi khotbah, 5 menit-10 menit awal mulai khotbah terus ada suara jedar-jedar, aku kira itu listrik konslet, tapi suaranya tetap terus-terusan gitu, orang langsung pada lari,” sambung dia.
Kevin mulai menyadari ada yang tidak beres ketika melihat orang-orang berlarian. Ia pun memutuskan untuk ikut berlari keluar masjid. Di luar masjid, Kevin bertemu dua orang Indonesia lainnya.
“Pas aku lari, baru ketemu sama dua orang Indonesia lainnya,” kata Kevin.
Setelah berhasil melarikan diri, Kevin langsung menuju ke rumahnya. Ia mengatakan hingga saat ini kondisi di Christchurch masih belum stabil.
“Semua masih lock down dan masih belum ada satu toko pun yang buka,” ujar Kevin, “Masih belum kondusif, masih was-was,” lanjutnya.
Kevin mengaku hingga saat ini belum mendengar kabar keberadaan teman-temannya di Masjid tempatnya salat.
“Teman-teman belum tahu kondisinya gimana, masih belum ada kabarnya,” pungkasnya.
Diketahui, aksi penembakan terjadi di dua masjid di Selandia Baru, yakni Masjid Al-Noor, Christchurch, dan Masjid Linwood Ave.
Teror tersebut menewaskan 49 orang, termasuk dua orang WNI. Puluhan orang lainnya terluka akibat kejadian tersebut.
Sebanyak empat pelaku sudah ditahan, seorang di antaranya adalah warga negara Australia. []
SUMBER: KUMPARAN
https://www.islampos.com/pengakuan-wni-yang-selamat-dari-aksi-teror-di-masjid-selandia-baru-139227/?

Berduka atas Aksi Penembakan Masjid di Selandia Baru, Ini Kata Khabib Nurmagomedov

by Sodikin
Khabib Nurmagomedov
KHABIB Nurmagomedov ikut berduka cita terkait insiden penembakan brutal di dua masjid di Selandia Baru, Jumat (15/3/2019).
Bintang UFC ini berharap muslim tetap bersabar menanggapi kejahatan keji yang telah menewaskan lebih dari 40 muslim yang tengah shalat Jumat di dua lokasi, yakni Masjid Al Noor dan Masjid Linwood, Selandia Baru.
“Ini adalah salah satu video terburuk yang pernah saya lihat. Allah tahu yang lebih baik dari kita dan sabar untuk semuanya,” tulis Khabib di akun Instagram pribadinya.
Saat ini Kepolisian Selandia Baru menyatakan total korban tewas bertambah menjadi 49 orang dalam peristiwa penembakan di dua masjid kota Christchurch, Selandia Baru.
“Diperkirakan 41 tewas di masjid Al Noor, tujuh di masjid Linwood Islamic Center, dan satu korban lainnya tewas di rumah sakit,” demikian ujar Mike Bush, Komisioner Kepolisian Selandia Baru, seperti dilansir Reuters.
Saat ini polisi telah menahan empat tersangka –tiga pria dan seorang wanita– serta mengamankan barang bukti berupa beberapa bahan peledak yang sempat dipasangkan pada sebuah mobil.
Khabib dikenal sebagai sosok muslim yang taat. Atlet seni bela diri campuran (MMA) tersebut tengah menjalani sanksi akibat bentrok dengan Conor McGregor usai duel yang dimenangkan Khabib.
Petarung asal Rusia itu mengaku tak sanggup menahan emosi kepada McGregor yang sebelum duel menghina agama dan keluarganya. []
SUMBER: CNN | REUTERS 
https://www.islampos.com/berduka-atas-aksi-penembakan-masjid-di-selandia-baru-ini-kata-khabib-nurmagomedov-139224/?

Siapa Brenton Tarrant, Teroris Penembakan Brutal di 2 Masjid Selandia Baru?

by Saad Saefullah
Siapa Brenton Tarrant, Teroris Penembakan Brutal di 2 Masjid Selandia Baru?
PELAKU penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru, Brenton Tarrant, bekerja sebagai pelatih pribadi di Big River Gym di kota Grafton utara New South Wales, demikian diungkapkan ABC.
Manajer gym, Tracey Grey mengonfirmasi pria yang merekam serangan dan melakukan streaming online itu adalah Tarrant.
Menurut Grey, Brenton bekerja di gym-nya setelah lulus sekolah pada tahun 2009 hingga 2011. Setelah itu, Brenton disebutkan sering berpergian keluar negeri.
“Dia adalah pelatih pribadi yang sangat berdedikasi,” kata Gray. “Dia bekerja pada kami yang menawarkan pelatihan gratis kepada anak-anak, dan dia sangat bersemangat tentang itu.”
Gray mengatakan Tarrant waktu itu tidak terlihat sebagai seseorang yang memiliki minat pada senjata api. “Saya pikir sesuatu pasti telah berubah dalam dirinya selama tahun-tahun ketika ia menghabiskan waktu ke luar negeri,” katanya.
Tarrant mengatakan dia bekerja dalam waktu singkat sebelum menghasilkan uang dari Bitconnect, mata uang kripto seperti Bitcoin, kemudian menggunakan uang itu untuk membiayai perjalanannya.
Tarrant diketahui telah mengunjungi Eropa, Asia Tenggara dan Asia Timur.
Ia juga pergi ke Korea Utara, di mana ia difoto Bersama kelompok wisata yang mengunjungi Monumen Besar Samjiyon.
Tarrant menggambarkan dirinya sebagai “orang kulit putih biasa, dari keluarga biasa” yang lahir di Australia dan menjadi “kelas pekerja, keluarga berpenghasilan rendah”.
Gray mengatakan ayah Tarrant yang bernama Rodney meninggal karena beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan asbes ketika Tarrant sedang menyelesaikan sekolah menengah. Sebuah obituari untuk Rodney Tarrant di surat kabar lokal Daily Examiner pada Agustus 2010 mengatakan dia meninggal karena kanker pada usia 49 tahun pada April 2010.
Tarrant diyakini masih memiliki saudara perempuan dan ibu yang masih hidup.
Tarrant mewarisi minat ayahnya dalam kebugaran fisik.
“Dia sangat baik, sangat berdedikasi terhadap latihannya,” kata Gray. “Dia banyak berlatih, dan beberapa orang bisa mengatakannya secara berlebihan, dia bersemangat tentang kesehatan dan kebugaran dan membuat perubahan itu di ruang pribadinya.”
“Sejujurnya saya tidak percaya bahwa seseorang yang saya selalu berurusan dengannya sehari-hari akan mampu melakukan sesuatu yang ekstrem ini,” katanya. []
SUMBER: ABC.NET.AU
https://www.islampos.com/siapa-brenton-tarrant-teroris-penembakan-brutal-di-2-masjid-selandia-baru-139215/?

Ada Tulisan pada Senjata Pelaku Penembakan di Masjid Selandia Baru, Ini Artinya


Liputan6.com, Christchurch - Brenton Tarrant -- itu identitas yang diakui seorang pelaku penembakan di dua masjid di Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. Sebelum melakukan aksi sadisnya, ia menulis sebuah manifesto alias pernyataan sikapnya di internet. Judulnya, 'The Great Replacement'.
"Hanya seorang pria kulit putih biasa, 28 tahun," demikian tertera dalam manifesto yang ia tulis, seperti dikutip dari heavy.com, Jumat 15 Maret 2019. "Lahir di Australia dari keluarga kelas pekerja, berpenghasilan rendah. Orang tua saya keturunan Skotlandia, Irlandia dan Inggris. Saya memiliki masa kecil yang teratur, tanpa masalah besar."
Tarrant juga mengaku hanya punya sedikit minat dalam pendidikan. Ia nyaris tak lulus. Pria itu mengaku berinvestasi dalam 'bitconnect' dan menggunakan uangnya untuk bepergian. "Aku hanya pria kulit putih biasa, dari keluarga biasa, yang memutuskan mengambil sikap untuk memastikan masa depan bagi orang-orangku."
'My people' atau orang-orangku yang ia maksud adalah warga kulit putih.
Ada banyak dalih yang ia utarakan di balik pembantaian yang dilakukannya, dari balas dendam hingga supremasi kulit putih.
Pelaku juga menyiarkan secara langsung aksinya di Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru lewat Facebook Live. Ia, yang mengenakan helm, kaca mata, dan jaket ala militer, memuntahkan peluru secara membabi-buta. Dari luar masjid hingga ke rumah ibadah.
Dalam rekaman aksi sadis yang beredar, juga foto yang diposting di internet, terlihat ia menuliskan sesuatu di senapan yang digunakan, yang ternyata adalah nama-nama.

"Untuk Rotherham, Alexandre Bissonnette, Luca Traini," demikian salah satu kalimat, dalam goresan tinta putih, di permukaan senapan yang dipakainya.
Bissonnette dijatuhi hukuman 40 tahun karena melakukan penembakan di sebuah masjid di Quebec pada 2017 yang menewaskan 6 orang.
Sementara, Traini, seorang pria Italia, menjalani hukuman 12 tahun penjara karena melakukan penembakan terhadap enam imigran asal Afrika dalam serangan bermotif rasial pada Oktober tahun lalu.
Belum jelas apa yang ia maksud dengan Rotherham. Diduga Tarrant merujuk pada eksploitasi seksual sekittar 1.400 anak di kota Rotherham di Inggris utara pada akhir 1980-an, 1990-an dan 2000-an, terutama oleh pria Inggris keturunan Pakistan.

Seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, dua juga menuliskan sejumlah nama figur militer Serbia. Salah satunya Milos Obilic, seorang ksatria yang menonjol dalam Pertempuran Kosovo 1389 melawan Kekaisaran Ottoman yang adidaya saat itu.
Obilic bahkan disebut-sebut sebagai pembunuh Sultan Ottoman, Murad I.
Nama-nama lain yang tertulis pada persenjataan Tarrant yang digunakan dalam penembakan di Christchurch, Selandia Baru termasuk Bajo Pivljanin dan Novak Vujosevic, yang masing-masing memimpin pemberontakan melawan Ottoman selama periode-periode berikutnya.
Pun dengan nama jenderal Montenegro, Marko Miljanov yang juga melawan Ottoman.
Juga tertulis pada senjata dan amunisi Tarranr, referensi untuk Pertempuran Wina 1683, di mana pasukan Austria dan Polandia memukul mundur tentara Ottoman.
Ia juga menulis '1571', yang merujuk pada Pertempuran Lepanto di mana Kesultanan Ottoman juga menderita kekalahan.
https://www.liputan6.com/global/read/3917890/ada-tulisan-pada-senjata-pelaku-penembakan-di-masjid-selandia-baru-ini-artinya?

Korban Tewas Penembakan Masjid di Selandia Baru Bertambah jadi 49 Orang

by Sodikin
selandia baru
Petugas medis mengangkut seorang korban luka-luka dalam penembakan di masjid kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). Foto: VOA /AP
CHRISTCHRUCH–Kepolisian Selandia Baru menyatakan total korban tewas bertambah menjadi 49 orang dalam peristiwa penembakan di dua masjid kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019).
Diperkirakan 41 tewas di masjid Al-Noor, tujuh di masjid Linwood Islamic Center, dan satu korban lainnya tewas di rumah sakit, demikian ujar Mike Bush, Komisioner Kepolisian Selandia Baru, seperti diberitakan Reuters.
Saat ini polisi telah menahan empat tersangka –tiga pria dan seorang wanita– serta mengamankan barang bukti berupa beberapa bahan peledak yang sempat dipasangkan pada sebuah mobil. Salah satu tersangka yang diamankan adalah Brenton Tarrant, warga negara Australia.
Brenton Tarrant, diketahui bekerja sebagai pelatih pribadi di Big River Gym di kota Grafton utara New South Wales. 
Manajer Gym, Tracey Grey mengaku Brenton sering berpergian keluar negeri. 
Gray mengatakan Tarrant waktu itu tidak terlihat sebagai seseorang yang memiliki minat pada senjata api. “Saya pikir sesuatu pasti telah berubah dalam dirinya selama tahun-tahun ketika ia menghabiskan waktu ke luar negeri,” katanya.
Enam WNI yang berada di Masjid Al-Noor, satu dari dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, menjadi sasaran penembakan ketika melaksanakan shalat Jumat.
Lima orang telah melaporkan ke kedutaan besar Indonesia (KBRI) di Wellington dalam keadaan sehat dan selamat. Sedangkan satu orang lagi, Muhammad Abdul Hamid, masih belum diketahui keberadaannya.[]
https://www.islampos.com/korban-tewas-penembakan-masjid-di-selandia-baru-bertambah-jadi-49-orang-139238/?


Kutuk Habis Serangan Teroris di Selandia Baru, Ini Reaksi Negara-negara Muslim

Kutuk Habis Serangan Teroris di Selandia Baru, Ini Reaksi Negara-negara Muslim
Foto: The Wrap
PARA pemimpin politik dan Islam di seluruh Asia menyatakan rasa jijik terhadap penembakan brutal dan mematikan di dua masjid di Selandia Baru pada hari Jumat (15/03/2019).
Waktu penembakan terjadi di Christchurch, selama sholat Jum’at, dan si penembak dengan sengaja mem-postingnya secara langsung di media sosial.
Berikut beberapa pernyataan sikap dari berbagai negara di dunia soal penembakan teroris ini.
Arab Saudi
Sebuah sumber resmi di Kementerian Luar Negeri Saudi mengutuk serangan teroris yang terjadi di Selandia Baru.
Sumber tersebut mengulangi kecaman Arab Saudi atas terorisme dalam segala bentuknya, terlepas dari sumbernya, dan bahwa terorisme tidak memiliki agama dan tidak memiliki tanah air. Dia menekankan posisi kerajaan bahwa agama harus dihormati.
UAE
Anwar Gargash, menteri negara UEA untuk urusan luar negeri, mentweet “belasungkawa yang tulus” untuk Selandia Baru. Gargash menulis: “Pekerjaan kolektif kita melawan kekerasan & kebencian harus dilanjutkan dengan semangat baru. Pikiran & doa kami bersama keluarga para korban.”
Turki
Juru bicara Presiden Turki Tayyip Erdogan mengutuk apa yang disebutnya serangan “rasis dan fasis”. “Serangan ini menunjukkan titik dimana permusuhan terhadap Islam dan permusuhan terhadap umat Islam berada,” tulis Ibrahim Kalin di Twitter. “Kami telah melihat berkali-kali wacana Islamofobik melawan Islam. Dunia harus meningkatkan suaranya terhadap wacana seperti itu dan harus mengatakan berhenti pada terorisme fasis Islamofobia.”
Yordania
Menteri Negara Urusan Media Yordania Jumana Gneimat menekankan “penolakan terorisme dan penyerangan terhadap mereka yang hidup dalam kedamaian dan tempat-tempat ibadah di negara itu.”
Masjid Al-Azhar
Syekh Al-Azhar mengutuk serangan teroris terhadap masjid-masjid di Christchurch, Selandia Baru. Al-Azhar memperingatkan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu merupakan indikator serius konsekuensi dari meningkatnya pidato kebencian, xenofobia dan penyebaran Islamofobia di banyak negara Eropa. Al-Azhar juga menekankan perlunya untuk tidak mentolerir kelompok-kelompok rasis yang melakukan tindakan menjijikkan seperti itu.
Indonesia
“Indonesia mengutuk keras aksi penembakan ini, terutama di tempat ibadah sementara shalat Jumat sedang berlangsung,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam sebuah pernyataan.
Malaysia
Di Malaysia yang berpenduduk mayoritas Muslim, Anwar Ibrahim, pemimpin partai terbesar dalam koalisi yang berkuasa, mengatakan seorang warga Malaysia terluka dalam serangan yang disebutnya sebagai “tragedi hitam yang dihadapi umat manusia dan perdamaian universal.”
“Saya sangat sedih dengan tindakan tidak beradab ini, yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan merenggut nyawa warga sipil,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Kami menyampaikan simpati dan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga para korban dan orang-orang Selandia Baru.”
Afghanistan
Duta Besar Afghanistan untuk Australia, Selandia Baru dan Fiji, Wahidullah Waissi, mengatakan di Twitter bahwa tiga warga Afghanistan terluka. “Pikiranku bersama keluarga asal Afghanistan yang telah ditembak dan terbunuh pada insiden keji ini.”
Pakistan
Juru bicara kementerian luar negeri Pakistan Mohammad Faisal mengutuk insiden itu di media sosial, ia menyeratakan tagar #pakistanagainstterror.
Liga Muslim Dunia
Liga Muslim Dunia menyatakan kesedihan dan kecamannya yang mendalam atas operasi teroris yang merenggut puluhan nyawa dan luka-luka di dua masjid di Selandia Baru, yang jelas mencerminkan salah satu bentuk terburuk menghasut kebencian di dunia yang paling membutuhkan untuk menghindari nilai-nilai cinta, harmoni dan kedamaian.
Sekretaris Jenderal dan Ketua Dewan Cendekiawan Muslim Dunia, Syeikh Dr. Mohammed bin Abdul Karim Al-Issa, mengatakan bahwa perbuatan biadab ini ditambahkan ke model paralel dari tindakan Daesh dan Al-Qaeda. Liga Muslim menekankan pentingnya mengatasi ekstremisme dan kontra-ekstremisme. Secara khusus, diberlakukannya undang-undang yang mencegah semua bentuk hasutan kebencian, termasuk penghinaan agama dan etnis.
Sekretaris Jenderal Asosiasi Liga Muslim Dunia menegaskan kepercayaannya pada pemerintah Selandia Baru untuk membawa mereka yang terlibat dalam kejahatan ini ke pengadilan dan menuntut mereka sebagai teroris. []
SUMBER: ARAB NEWS
https://www.islampos.com/kutuk-habis-serangan-teroris-di-selandia-baru-ini-reaksi-negara-negara-muslim-139211

Muncul Seruan Tak Sebarkan Video Pembantaian Selandia Baru, Ini Alasannya
MELA ARNANI
Kompas.com - 15/03/2019, 15:05 WIB
Ilustrasi penembakan.
Ilustrasi penembakan.(Shutterstock)
KOMPAS.com - Beberapa video seputar penembakan misterius di dua masjid di Kota Chistchurch, Selandia Baru tersebar luas di media sosial pada Jumat (15/3/2019).
Video tersebut seolah memang sengaja direkam oleh pelaku. Dalam video tersebut, terlihat pelaku menembaki jemaah yang sedang melakukan shalat Jumat.
Polisi Selandia Baru meminta para pengguna media sosial untuk tidak melakukan penyebaran video-video penembakan ini.
"Kami benar-benar mendesak untuk tidak melakukan penyebaran video pembantaian. Kami saat ini sedang berusaha menghapus rekaman-rekaman (take down) tersebut," kata polisi Selandia Baru.
Dilansir dari CNN, polisi telah melihat beberapa video yang ada, namun belum memberikan konfirmasi dan menyangkal kebenaran video-video tersebut.
Selain itu, salah satu tokoh Islam di Amerika Utara, Ingrid Mattson melalui akun pribadi Twitternya, @IngridMattson juga menyampaikan hal yang sama.
Ingrid mengetwit imbauan untuk tidak melakukan penyebaran posting-an, menyebarkan nama-nama, dan membagikan video kejadian. Karena hal ini justru membuat pelaku senang.
Do not read his posts, do not share his name, do not share his video. This is what these terrorists and mass shooters want. Pray for the parents, children, friends, neighbors. To God we belong and to God we return. Love is real. Hate is a void.
1.034 orang memperbincangkan tentang ini
Sedangkan, profesor Islamic Studies dari Southern Methodist University yang juga tokoh Muslim di AS, Omar Suleiman, penyebaran video itu memang diharapkan oleh para teroris. Suleiman pun berharap netizen tidak menyebarkan video itu.
Please don't circulate the video of the terrorist gunning down our brothers and sisters. That's what he wanted.
15.3K people are talking about this
Hal senada juga disampaikan oleh akademisi dari University of Detroit Mercy School of Law, Khaled A Beydoun.
Salah satu peneliti yang terafiliasi dengan UC-Berkeley Islamophobia Research and Documentation Project ini menilai bahwa penyebaran video juga bisa sengaja dilakukan agar Muslim takut pergi ke masjid.
Menurut Beydoun, ketakutan ini diharapkan teroris tak hanya terjadi di Selandia Baru, juga negara lain di dunia.

DONT circulate the video of the mosque shooting.

That’s what the terrorist wanted.

They want Muslims to Fear going to their mosques. In New Zealand and beyond.

**Don’t share the Video**

RT
4,438 people are talking about this

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/15/15052661/muncul-seruan-tak-sebarkan-video-pembantaian-selandia-baru-ini

Ayah dan Anak WNI Tertembak dalam Serangan Teroris di Selandia Baru
Kompas.com - 15/03/2019, 16:14 WIB
Tangkapan layar dari tayangan televisi memperlihatkan seorang korban tiba di rumah sakit pasca-insiden penembakan di Masjid Al Noor, Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, dalam keterangannya mengatakan, sedikitnya 40 orang tewas dan 20 lainnya luka parah dalam serangan teror tersebut.
Tangkapan layar dari tayangan televisi memperlihatkan seorang korban tiba di rumah sakit pasca-insiden penembakan di Masjid Al Noor, Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, dalam keterangannya mengatakan, sedikitnya 40 orang tewas dan 20 lainnya luka parah dalam serangan teror tersebut.(AFP PHOTO/TV NEW ZEALAND)

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua warga negara Indonesia terkena tembakan dalam peristiwa serangan teroris di masjid di Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019) waktu setempat.
Informasi tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir dalam pesan singkat, Jumat (15/3/2019).
"Ayah dan anak yang terkena tembak di masjid tersebut," kata dia.
Ia menjelaskan, kondisi sang ayah saat ini berada di ICU Christchurch Public Hospital. Sementara sang anak dirawat di ruang biasa di rumah sakit yang sama.

"KBRI Wellington terus berkoordinasi dengan otoritas setempat, kelompok WNI, dan rumah sakit di Christchurch," kata dia.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebelumnya menyatakan, ada enam WNI yang berada di lokasi penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch. Informasi tersebut ia dapat dari Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya.
Dari enam WNI, tiga orang berhasil lolos dari serangan.
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan, 40 orang tewas dan 20 lainnya luka parah dalam serangan teror di Masjid Al Noor di kota Christchurch.
Presiden Joko Widodo mengecam keras penembakan tersebut.
"Kami sangat mengecam keras aksi ini. Pemerintah Indonesia menyampaikan duka mendalam bagi korban aksi tersebut," ujar Presiden Jokowi di sela-sela kegiatannya di Sumatera Utara, Jumat.
Presiden memastikan, Kemenlu RI akan memberikan perlindungan bagi WNI di Selandia Baru. Presiden sekaligus mengimbau WNI yang berada di Selandia Baru untuk selalu hati-hati dan waspada akan ancaman keselamatan yang sewaktu-waktu bisa terjadi.
Diketahui, terdapat 331 WNI di Christchurch, termasuk 134 mahasiswa. Jarak Wellington ke Christchurch 440 km.

https://nasional.kompas.com/read/2019/03/15/16140761/ayah-dan-anak-wni-tertembak-dalam-serangan-teroris-di-selandia-baru

Tragedi solat Jumaat: Jangan sebar video insiden tembakan di Christchurch - SKMM
Astro Awani | Diterbitkan pada Mac 15, 2019 17:42 MYT
Tragedi solat Jumaat: Jangan sebar video insiden tembakan di Christchurch - SKMM
Orang ramai diingat agar tidak menyebarkan video insiden tragedi solat Jumaat di dua masjid di Christchurch, New Zealand. -Gambar fail

Suruhanjaya Komunikasi Dan Multimedia Malaysia (SKMM) mengingatkan orang ramai agar tidak menyebarkan video insiden tragedi solat Jumaat di dua masjid di Christchurch, New Zealand.

Larangan penyebaran video itu adalah untuk mengelakkan suasana panik dan marah masyarakat, selain menjaga sensitiviti keluarga mangsa.

"Pihak SKMM akan turut bekerjasama dengan penyedia-penyedia perkhidmatan untuk menurunkan rakaman berkenaan.

"Perkongsian kandungan bersifat mengancam dan jelik merupakan satu kesalahan di bawah Seksyen 233 Akta Komunikasi dan Multimedia (AKM) 1998 dan pihak terlibat boleh dikenakan tindakan," kata SKMM menerusi satu kenyataan media.

Video kejadian ngeri itu dimuat naik secara langsung menerusi Facebook (Facebook Live) oleh suspek dan ia menjadi perkongsian tular sepanjang hari ini.


Harga runcit RON97 naik 8 sen, RON95 dan diesel kekal
Isabelle LeongAstro Awani | Diterbitkan pada Mac 15, 2019 17:05 MYT
Harga runcit RON97 naik 8 sen,  RON95 dan diesel kekal
Harga runcit petrol RON97 naik 8 sen kepada RM2.46 seliter, RON95 kekal pada paras RM2.08 seliter dan diesel kekal pada RM2.18 seliter. - REUTERS/Lee Jae-Won

KUALA LUMPUR:
Harga runcit petrol RON95 dan diesel masing-masing kekal pada RM2.08 dan RM2.18 seliter bagi tempoh 16 hingga 22 Mac 2019.

Kementerian Kewangan dalam satu kenyataan hari ini memaklumkan bagaimanapun harga runcit bagi RON97 naik sebanyak 8 sen seliter daripada RM2.46 seliter kepada RM2.54 seliter, bagi tempoh yang sama.

“Berdasarkan pengiraan di bawah formula APM, harga runcit produk petrol RON95 dan diesel bagi tempoh 16 Mac 2019 sehingga 22 Mac 2019 sepatutnya adalah sebanyak RM2.24 seliter dan RM2.37 seliter masing-masing.

“Namun, harga runcit produk petroleum RON95 dan diesel bagi tempoh di atas adalah dikekalkan masing-masing pada paras RM2.08 seliter dan RM2.18 seliter berikutan keputusan Kerajaan untuk menyekat kenaikan harga runcit produk petroleum demi mengurangkan beban kewangan rakyat,” kata kementerian tersebut menerusi kenyataan hari ini.

Harga Minyak Mingguan: 16 Mac - 22 Mac 2019

RON 95
RM 2.08SELITER
  •   0.00
 
RON 97
RM 2.54SELITER
  •  0.08
 
DIESEL
RM 2.18SELITER
  •   0.00

http://www.astroawani.com/berita-malaysia/harga-runcit-ron97-naik-8-sen-ron95-dan-diesel-kekal-201247






























Tiada ulasan: