Jumaat, 8 Mac 2019

Yang tertulis dengan yang tersirat. 9230.



Kaum kafir tidak akan ikut kamu, selagi kamu tidak ikut seperti dia jadi kafir. Nauzubillahminzalik. 

Penghapusan Kata Kafir dan Potensi Kaburnya Wala’ dan Bara’ 
Sabtu, 2 Maret 2019 17:37 
Foto: Surat Al-Kafirun
KIBLAT.NET – Munas NU yang merekomendasikan kata kafir diubah menjadi non muslim, memantik respon berbagai pihak. Mulai dari komentar tokoh, ulama, ustadz hingga meme menghiasi ketidaksetujuan terhadap rekomendasi tersebut.

Alternatif yang diberikan pun tak luput menuai kontroversi. Kata muwatin (Rakyat sebuah negara) dianggap bukanlah padanan yang pas untuk menggantikan kata kafir, karena ini berpeluang mengaburkan batasan-batasan dalam Islam yang dibangun atas dasar keimanan.

Kafir adalah Istilah Syar’i

Kata kafir adalah istilah syar’i untuk menyebut orang-orang yang yang tidak beriman. Dalam kata kafir, tidak ada maksud diskriminatif terhadap non muslim. Karena kafir itu hanya sifat bagi siapa saja yang belum mengakui prinsip-prinsip keimanan. Setelah ia mengakui prinsip-prinsip keimanan dan bersyahadat, maka ia tidak lagi disebut kafir.
Hal ini bisa ditinjau dari makna kafir itu sendiri, baik secara etimologis maupun terminologis. Secara etimologis, kata kafir berasal dari kata al-satru (الستر) dan at-taghtiyah (التغطية) yaitu menutupi. (Dr. Ibrahim bin Muhammad al-Buraikan, al-Madkhal li Dirasat al-Aqidah, hlm. 181).

Secara terminologis, kata kafir sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Taimiyah rahimahullah:

الكفر عدم الايمان بالله ورسله سواء كان معه تكذيب أو لم يكن معه تكذيب بل شك وريب أو إعراض عن هذا كله حسدا أو كبرا أو اتباعا لبعض الأهواء الصارفة عن اتباع الرسالة
Kekufuran artinya tidak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, baik karena mendustakannya atau tidak. Termasuk ragu atau berpaling darinya, baik karena iri, sombong, mengikuti nafsu yang mengajak untuk menyimpang dari risalah Islam.”(Majmu’ Fatawa, 12/335)

Penggunaan kata kafir tidak muncul setelah Islam berkuasa, namun sejak awal turunnya wahyu. Dalam Al-Qur’an, Allah telah mengkafirkan semua orang di luar Islam, termasuk ahli kitab dan orang-orang musyrik. Allah berfirman:

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ

“Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam”.” (QS. Al Maidah: 72)

لَّقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ

“Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah itu salah satu dari yang tiga”.” (QS. Al Maidah: 72)

Dua ayat di atas menunjukkan bahwa Allah telah mengkafirkan orang-orang ahli kitab yang menuhankan Isa ‘Alaihissalam putra Maryam dan memiliki tiga tuhan. Pengkafiran dalam ayat tersebut tidak didasarkan karena kebaikan mereka atau status kewarganegaraan mereka, akan tetapi karena keyakinan mereka yang menyimpang. 

Ath-Thabari mengatakan:

وإن لم ينته هؤلاء الإسرائيليون عما يقولون في الله من عظيم القول، ليمسنَّ الذين يقولون منهم:”إن المسيح هو الله”، والذين يقولون:”إن الله ثالث ثلاثة”، وكل كافر سلك سبيلهم= عذابٌ أليم، بكفرهم بالله

“Jika orang-orang Israil tidak meninggalkan apa yang mereka yakini tentang Allah, yaitu keyakinan inti mereka, yang berkeyakinan bahwa “sesungguhnya Isa al-Masih adalah Allah”, dan yang berkeyakinan “sesungguhnya Allah adalah satu dari yang tiga”, semua kafir yang mengikuti ajaran mereka = mendapat adzab yang pedih karena kekafiran mereka kepada Allah.” (Tafsir ath-Thabari, 10/483)

Ayat lain dengan redaksi yang lebih lengkap, Allah mengkafirkan siapa saja di luar Islam, baik dari golongan ahli kitab maupun orang-orang musyrik. Allah berfirman.

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ أُولَٰئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.” (QS. Al-Bayyinah : 6)

Sebab mereka masuk neraka dan di dunia menjadi seburuk-buruk makhluk adalah kekafiran mereka. Hal ini sebagaimana dikatakan dalam tafsir:

إن الذين كفروا -من اليهود والنصارى ومن المشركين- يدخلون يوم القيامة في جهنم ماكثين فيها أبدًا، أولئك هم شرّ الخليقة؛ لكفرهم بالله، وتكذيبهم رسوله

“Sesungguhnya orang-orang kafir -dari Yahudi, Nashara dan musyrik- pada hari kiamat akan masuk neraka Jahannam kekal di dalamnya. Mereka adalah seburuk-buruk makhluk karena kekafiran mereka kepada Allah dan pengingkaran mereka terhadap Rasul-Nya.” (Al-Mukhtashar fi Tarsir, hlm.559)

Maka jelaslah bahwa kafir adalah istilah syar’i dalam Islam untuk menyebut orang-orang di luar Islam, baik dari ahli kitab maupun orang-orang musyrik. Allah telah mengkafirkan mereka, begitu juga Rasul-Nya shalallahu ‘alaihi wa sallam. Maka wajib bagi umat Islam untuk mengkafirkan orang-orang yang dikafirkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Wajib Bara’ kepada Orang Kafir

Selain wajib mengkafirkan orang-orang di luar Islam, kita juga diwajibkan untuk bara’ (berlepas diri) dari orang-orang kafir. Karena al-wala’ wal bara’ juga merupakan bagian prinsip dalam Islam. Seorang muslim dilarang untuk mengangkat orang kafir menjadi pemimpin, dilarang pula menjadikan mereka sebagai teman dekat atau mencintai mereka. Sedangkan mengganti kata kafir berpotensi mengaburkan prinsip wala’ dan bara’. Padahal Islam dibangun di atas prinsip wala’ dan baro yang ini tergambar dalam kalimat tauhid. La Ilaha, yang bermakna berlepas diri dari kekufuran dan Illallah yang artinya hanya loyal kepada Allah dan orang-orang yang diizinkan-Nya.

BACA JUGA  Ust. Bachtiar Nasir: Istilah Kafir Bukan Kekerasan Ideologi
BACA JUGA  ‘La Ilaha Illallah’, Ideologi Kebangkitan Islam

Allah berfirman :

لَّا يَتَّخِذِ الْمُؤْمِنُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ مِن دُونِ الْمُؤْمِنِينَ

“Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali (teman akrab, pemimpin, pelindung, penolong) dengan meninggalkan orang-orang mukmin.” (Qs. Ali Imran : 28)

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَتَّخِذُواْ ٱلۡيَهُودَ وَٱلنَّصَٰرَىٰٓ أَوۡلِيَآءَۘ بَعۡضُهُمۡ أَوۡلِيَآءُ بَعۡضۚ وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمۡ فَإِنَّهُۥ مِنۡهُمۡۗ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka.” (QS. al-Maidah: 51)

Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan :

ينهى تعالى عباده المؤمنين عن موالاة اليهود والنصارى الذين هم أعداء الإسلام وأهله ، قاتلهم الله، ثم أخبر أن بعضهم أولياء بعض، ثم تهدد وتوعد من يتعاطى ذلك فقال  ومن يتولهم منكم فإنه منهم إن الله لا يهدي القوم الظالمين

“Allah ta’ala melarang para hamba-Nya yang beriman untuk setia kepada Yahudi dan Nashrani yang mereka adalah musuh-musuh agama Islam dan kaum muslimin. Allah memerangi mereka, kemudian mengabarkan bahwa sebagian mereka menolong sebagian yang lain. Kemudian mengancam mereka yang melanggar ; (siapa yang setia kepada mereka (kafir) maka sesungguhnya ia termasuk bagian dari mereka, sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim.” (Tafsir Ibnu Katsir, 3/132)

Dari prinsip al-wala’ wal bara’ ini, muncul hukum-hukum yang berkaitan tentang hubungan antara muslim dan kafir. Seperti larangan menikahi mereka, putusnya hak warisan, larangan mendoakannya, larangan mengucapkan salam, larangan menyerupai mereka, berjihad memerangi mereka dan sebagainya. Karena dasar hubungan antara muslim dan kafir adalah permusuhan, sebagaimana Allah berfirman :

وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّىٰ لَا تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ كُلُّهُ لِلَّهِ

“Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah.” (QS. Al-Anfal : 39)

Allah memerintahkan kepada umat Islam untuk terus memerangi mereka, karena tabi’at mereka tidak akan pernah senang kepada orang-orang Islam. Sehingga mengkafirkan orang kafir adalah unsur yang wajib diyakini orang Islam tanpa ragu. Bukan maksud untuk mendiskriminasi mereka, namun ini adalah istilah syar’i yang memiliki konsekuensi dalam keyakinan dan hukum. Wallahu ‘alam bish showab.

Penulis: Zamroni
Editor: Arju

Sumber: 
Penghapusan Kata Kafir dan Potensi Kaburnya Wala' dan Bara' - Kiblat

TITIAN


BERITA TERKAIT


TERPOPULER


Harga runcit RON97 naik 3 sen, RON95 dan diesel kekal
Hasimi MuhamadKenyataan Media | Diterbitkan pada Mac 08, 2019 17:19 MYT
Harga runcit RON97 naik 3 sen, RON95 dan diesel kekal
Harga runcit petrol RON95 dan diesel masing-masing kekal pada RM2.08 dan RM2.18 seliter bagi tempoh 9 hingga 15 Mac 2019. -Gambar fail
KUALA LUMPUR:
Harga runcit petrol RON95 dan diesel masing-masing kekal pada RM2.08 dan RM2.18 seliter bagi tempoh 9 hingga 15 Mac 2019.

Kementerian Kewangan dalam satu kenyataan hari ini memaklumkan harga runcit bagi RON97 naik sebanyak 3 sen seliter iaitu daripada RM2.43 seliter kepada RM2.46 seliter, bagi tempoh yang sama.

“Berdasarkan pengiraan di bawah formula APM, harga runcit produk petrol RON95 dan diesel bagi tempoh 9 Mac 2019 sehingga 15 Mac 2019 sepatutnya adalah sebanyak RM2.16 seliter dan RM2.38 seliter masing-masing.
“Namun begitu, harga runcit produk petrol RON95 dan diesel bagi tempoh di atas adalah dikekalkan pada paras RM2.08 seliter dan RM2.18 seliter berikutan keputusan Jemaah Menteri untuk menyekat kenaikan harga runcit produk petroleum demi mengurangkan bebanan kewangan rakyat,” menurut kenyataan itu.

Sumber: 
http://www.astroawani.com/berita-malaysia/harga-runcit-ron97-naik-3-sen-ron95-dan-diesel-kekal-200608?

Koh Tsu Koon bukan Cina, dia 'Jawa' - Mat Sabu
Firdaus AzilAstro Awani | Diterbitkan pada Mac 08, 2019 16:57 MYT
Koh Tsu Koon bukan Cina, dia 'Jawa' - Mat Sabu
Agenda Perpaduan Ummah yang diuar-uarkan melalui kerjasama PAS dan UMNO hanyalah demi kelangsungan politik kedua-dua parti itu semata-mata, kata Presiden Parti Amanah Negara, Mohamad Sabu.

SHAH ALAM : Agenda Perpaduan Ummah yang diuar-uarkan melalui kerjasama PAS dan UMNO hanyalah demi kelangsungan politik kedua-dua parti itu semata-mata, kata Presiden Parti Amanah Negara, Mohamad Sabu.

Beliau yang juga Menteri Pertahanan mendakwa, itu sahaja isu yang mampu PAS dan UMNO mainkan walaupun selama ini sewaktu kerajaan di bawah pemerintahan UMNO dan Barisan Nasional (BN), merekalah yang ‘melingkupkan’ hak-hak Melayu.

“Mereka nak survive..  itu saja isu yang mereka boleh mainkan. Isu perkauman nak jaga Melayu. Selama ini pun yang melingkupkan hak-hak Melayu bukan orang kaum lain pun. Yang jaga Tabung Haji semua Melayu, yang jaga Felda semua Melayu, yang jaga Mara semua Melayu. Menteri-menteri besar semua Melayu, kecuali satu ja Penang.

“Jadi kalau hilang hak-hak Melayu tu, bukan ada orang-orang ini yang saya sebut tadi. Tabung Haji berapa orang lembaga pengarah orang DAP, MARA lembaga pengarahnya berapa orang... MCA pun takdak, bukan takat DAP… semua Melayu,” katanya dalam sesi Bicara Minda oleh Sinar Harian pada Jumaat.

Sambil menempelak kedua-dua parti itu sebagai pembohong, Mohamad yang lebih mesra dikenali sebagai Mat Sabu berkata, sudah jelas kaum Melayu sendiri yang banyak menjual hak-hak bangsa itu dan sekarang berpura-pura mahu membela pula.

Ditanya mengenai persepsi Pakatan Harapan dikuasai parti DAP, Mohamad berkata, itu merupakan propaganda yang paling mudah dilontarkan pihak pembangkang.

“Itu sahaja alasan paling mudah, yang kita ini ditunggangi oleh DAP. Bagi mereka Cina itu DAP, bila MCA bukan Cina sebab itu Lim Guan Eng jadi Ketua Menteri Pulau Pinang, maka mereka cakap habislah Cina dah ambik Pulau Pinang padahal (bekas Ketua Menteri) Tan Sri Dr Koh Tsu Koon tu bukan Cina, dia 'Jawa',” katanya sambil disambut deraian tawa para hadirin.

Tsu Koon merupakan bekas Presiden Parti Gerakan Malaysia sewaktu pemerintahan BN dan menjadi Ketua Menteri Pulau Pinang selama 18 tahun antara 1990 hingga 2008.

Mengulas lanjut mengenai perkara itu, Mohamad berkata, setiap keputusan kerajaan dibuat melalui proses mesyuarat Kabinet dan disertai semua wakil parti, baik Parti Pribumi Bersatu Malaysia, Parti Keadilan Rakyat, DAP dan Amanah sendiri.

“Padahal kita dalam mesyuarat kabinet kita bercakap, kita berhujah, kita berbincang, bahkan hak kedudukan orang Melayu dan sebagainya tak disentuh,” tegasnya lagi.

Tag: Mohamad Sabu, Lim Guan Eng, Mat Sabu, Koh Tsu Koon, Pakatan Harapan, Parti Keadilan Rakyat, Parti Amanah Negara, PPBM, Barisan Nasional, DAP, Tabung Haji, MARA, Ketua Menteri, pembangkang, Koh Tsu Koon bukan Cina dia 'Jawa'

Sumber: 
Koh Tsu Koon bukan Cina, dia Jawa - Mat Sabu | Astro Awani

'Kami memang berhasrat untuk teruskan pencarian MH370' - Tun M
Azyyati AhmadAstro Awani | Diterbitkan pada Mac 08, 2019 16:23 MYT
'Kami memang berhasrat untuk teruskan pencarian MH370' - Tun M
Tun Mahathir buat pertama kalinya dipertemukan dengan balu kepada salah seorang mangsa, iaitu Danica Weeks dalam satu temubual eksklusif bersama 60 Minutes Australia.

KUALA LUMPUR: Perdana Menteri Tun Dr Mahatahir Mohamad memberi jaminan akan meneruskan pencarian pesawat MH370 yang hilang sejak 8 Mac 2014.

Beliau berkata demikian ketika buat pertama kalinya dipertemukan dengan balu kepada salah seorang mangsa, iaitu Danica Weeks dalam satu temubual eksklusif bersama 60 Minutes Australia sempena tahun ke lima kehilangan pesawat itu.

Weeks, dalam perjumpaan itu memohon kepada Tun Mahathir agar Kerajaan Malaysia dapat meneruskan usaha pencarian itu, seterusnya memberi sedikit harapan kepada kesemua waris untuk mengetahui apakah nasib sebenar pesawat malang itu.

“Kami memang berhasrat untuk meneruskan pencarian ... dan dengan teknologi terkini seperti pengesanan elektronik, ia sesuatu yang tidak mustahil untuk kami mengetahui di mana lokasi sebenar pesawat itu jatuh” jawab Tun Mahathir.

BACA: LAMAN MIKRO MH370

Pengacara 60 Minutes, Sarah Abo, kemudian tidak membuang masa dan terus melontarkan soalan pertama kepada Tun Mahathir- “Jika salah seorang ahli keluarga anda di dalam pesawat tersebut, apakah yang anda akan lakukan?”

“Mohon Tuhan jauhkan perkara itu berlaku kepada saya,” balas Perdana Menteri dalam satu reaksi spontan, tetapi mendalam dari negarawan itu, sambil menyambung “Saya juga fikir, (jika ia berlaku kepada saya) saya akan sangat kecewa terutamanya jika pencarian itu dihentikan”.

Dalam pertemuan hampir 30 minit itu, Tun Mahathir turut menyatakan pandangan yang konkrit tentang pencarian pesawat MH370.

“Tidak mengetahui adakah mereka masih hidup ke tidak, Tidak mengetahui di mana mereka berada adalah sangat mengecewakan,” katanya lagi.

Tun Mahathir juga ditanya mengenai pendapatnya mengenai apa sebenarnya yang berlaku kepada pesawat Malaysia Airlines itu.

“Salah satu perkara yang saya dengar pada awalnya adalah pesawat itu telah dirampas, tetapi pesawat sebesar itu sama ada di dalam laut atau darat, pasti meninggalkan kesan, tapi ini tidak, ia terus lenyap.

“Saya juga tidak rasa seseorang yang telah (banyak kali) menerbangkan pesawat akan melakukan perkara itu, bagaimana dia boleh hilangkan pesawat? Tiada siapa boleh menjawab persoalan itu,” katanya lagi yang turut ditanya mengenai Kapten Zaharie Ahmad Shah.



Tag: Mahathir MohamadMalaysia AirlinesPerdana MenteriMH370pesawatpencarianBeijingAustraliaChinaKapten Zaharie Ahmad Shah

Sumber: 
Kami memang berhasrat untuk teruskan pencarian MH370 - Tun M | Astro Awani

MH370: 'Saya tetap telefon anak saya setiap Sabtu...' - Bapa mangsa
Agensi | Diterbitkan pada Mac 08, 2019 05:50 MYT

MH370: 'Saya tetap telefon anak saya setiap Sabtu...' - Bapa mangsa
LI ERYOU: Anak saya adalah orang pertama di kampung kami yang dapat menaiki kapal terbang untuk pergi ke luar negara. REUTERS
HANDAN: Seminggu sekali, seorang petani di China, Li Eryou akan cuba menghubungi telefon anaknya yang merupakan salah seorang 239 mangsa pesawat Malaysia Airlines MH370, walaupun tidak berjawab.

"Saya tidak peduli apa pun orang kata, saya akan tetap telefon dia walaupun untuk tinggalkan beberapa patah perkataan dalam sistem pesanan ringkas," kata petani berusia 60 tahun itu.

Berasal dari Handan, wilayah utara Hebei, Li Eryou menyifatkan panggilan yang dibuatnya setiap Sabtu itu merupakan satu perkara wajib yang akan dilakukannya setiap minggu.

Anaknya, Li Yanlin, ketika itu berusia 30 tahun, antara yang menaiki penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing sebelum ia dilaporkan hilang pada 8 Mac 2014, bersama 153 lagi warga China.

"Anak saya adalah orang pertama di kampung kami yang dapat menaiki kapal terbang untuk pergi ke luar negara," katanya ketika ditemu bual Reuters, sambil menyelak album gambar anaknya.


Gambar-gambar terakhir anaknya yang bekerja di Malaysia dengan syarikat telekom Cina, ZTE, dimuat turun dari media sosial, menunjukkan saat-saat ketika dia sedang bercuti. 

BACA: MH370: 5 tahun kehilangan, tetap dikenang

Sementara itu, isterinya, Liu Shuangfeng berkata dia sering menangis sehingga tertidur dan telah didiagnosis mengalami kemurungan yang teruk.

Selepas kehilangan anaknya, Li Eryou meninggalkan kampung dan turut mengabaikan tanamannya kerana perlu berulang alik ke Beijing bagi mengadakan pertemuan dengan pihak berkuasa Malaysia dan Cina.

Ratusan tiket kereta api dan resit dikumpulnya bagi memberi inspirasi dalam usaha mencari anaknya itu.

"Walaupun telah lima tahun berlalu, saya tidak akan menyerah dan tidak akan berputus asa,

“Saya akan terus mencari anak saya,” katanya.

BACA: Genap lima tahun, MH370 kekal misteri yang belum terjawab

Usaha mencari pesawat MH370 sehingga kini masih lagi tidak berjaya menemui apa-apa petunjuk besar.

Pada Januari 2017, Australia, China dan Malaysia mengakhiri carian dasar laut di selatan Lautan Hindi selepas dua tahun, yang mana ia menelan belanja US$141 selepas usaha itu tidak menemui sebarang jejak pesawat.

Pencarian kedua dilakukan selama tiga bulan diketuai oleh firma penerokaan Amerika Syarikat Ocean Infinity, juga berakhir pada Mei tahun lalu.

Sumber: 
http://www.astroawani.com/berita-dunia/mh370-saya-tetap-telefon-anak-saya-setiap-sabtu-bapa-mangsa-200520?

Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran Baru Terjual 31 Persen
 08 Mar 2019, 15:45 WIB
Tiket Dua Kereta Api Rute Malang - Jakarta Habis Terjual
Penumpang menunggu keberangkatan kereta api tujuan Malang - Jakarta di Stasiun Kota Baru, Malang, Jawa Timur (Zainul Arifin/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Tiket Kereta Api (KA) untuk periode mudik Lebaran masih tersisa cukup banyak. Saat ini setidaknya masih ada 69 persen kursi yang belum dipesan.

VP Public Relations PT KAI, Agus Komarudin menyebutkan, data tersebut diperoleh sejak dibukanya penjualan tiket lebaran H-10 pada 25 Februari lalu hingga penjualan H+2 pada 8 Maret 2019.

"Penjualan tiket Lebaran baru mencapai 31 persen dari total ketersediaan seat," kata Agus kepada Merdeka.com, Jumat (8/3/2019).
Agus mengungkapkan, penjualan tiket baru mencapai 31 persen sebab penumpang masih menunggu dibukanya penjualan tiket KA tambahan.

"Hal itu terjadi karena penumpang masih menunggu KA. tambahan lebaran dibuka penjualannya pada H-60 awal April mendatang untuk perjalanan Lebaran pada tangal tanggal favorit," ujar dia.
Sementara itu, 31 persen tiket kereta api yang sudah habis terjual hingga saat ini sebagian besar untuk tujuan kota favorit.

"31 persen tiket yang sudah terjual itu untuk KA reguler tujuan Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat untuk perjalanan pada tanggal tanggal favorit," kata dia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu
Sumber: Merdeka.com

KAI Operasikan 356 KA Reguler
Ilustrasi tiket kereta api
Ilustrasi tiket kereta api (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Ilustrasi tiket kereta api (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Selama Lebaran 2019, KAI mengoperasikan 356 KA Reguler dan 50 KA Tambahan yang total mencapai 406 KA. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 3 persen dari jumlah tahun sebelumnya yaitu 393 KA.

Setiap harinya, KAI menyediakan 247.010 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal yang pada 2019 mengalami kenaikan sebanyak 5 persen dari tahun sebelumnya yaitu 236.210 tempat duduk.

KAI menyediakan 50 KA tambahan selama Lebaran 2019 yang dapat dipesan mulai H-60. Penambahan KA ini dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang KA pada masa arus mudik dan balik lebaran 2019.

50 KA Tambahan Lebaran 2019 tersebut terdiri dari 27 KA Eksekutif & Bisnis, 11 KA Ekonomi Non PSO, 4 KA Ekonomi PSO, dan 8 KA yang memanfaatkan rangkaian idle.
Sumber: 
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3912238/tiket-kereta-api-untuk-mudik-lebaran-baru-terjual-31-persen?

Gratis Sebulan Lewat Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
DANI PRABOWO
Kompas.com - 08/03/2019, 11:54 WIB
Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar(Dok. Kementerian PUPR)
JAKARTA, KOMPAS.com — Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar resmi beroperasi setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (8/3/2019).

Jalan tol ini akan dibuka gratis untuk sementara waktu hingga menunggu keputusan penetapan tarif dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
"Oh itu iya (dibuka gratis), dua minggu sampai satu bulan mungkin," kataMenteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi peresmian, Jumat (8/3/2019).


Menurut dia, dibukanya jalan tol secara gratis selain untuk mengenalkan juga membiasakan keberadaan jalan bebas hambatan ini kepada masyarakat.

"Supaya orang menikmati dulu," kata Basuki.

Basuki menilai, keberadaan jalan tol sepanjang 140,7 kilometer ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama dalam memangkas waktu tempuh perjalanan.
"Coba lihat Bakauheni-Terbanggi Besar enggak ada sejam, bos. Bayangkan ini kalau sampai Palembang yang sampai 340 kilometer itu," ucap Basuki.


Untuk diketahui, setelah Bakauheni-Terbanggi Besar, pemerintah akan mengebut pekerjaan konstruksi Tol Terbanggi Besar hingga Palembang sepanjang 222,7 kilometer.

Ada dua ruas di sepanjang koridor tersebut, yakni Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 189,2 kilometer yang kini pekerjaan konstruksinya telah mencapai 89,77 persen.

Sementara konstruksi ruas Kayu Agung-Jakabaring yang menjadi Seksi 1 Tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33,5 kilometer saat ini telah mencapai 60,34 persen.

Sumber: 
https://properti.kompas.com/read/2019/03/08/115443821/gratis-sebulan-lewat-tol-bakauheni-terbanggi-besar

 

TITIAN


FOKUS


TERBARU

"Langkah ini menghilangkan tuntutan pelaporan yang berlebihan, yang tidak meningkatkan transparansi pemerintah tetapi justru mengalihkan perhatian para spesialis intelijen dari masalah inti mereka," kata seorang pejabat administrasi.
 Jum'at, 08/03/2019 10:15   0  
India meyebut Pakistan gagal mengekang kelompok-kelompok “militan” yang beroperasi di tanah Pakistan.
 Jum'at, 08/03/2019 09:12   0  
Para militan ini merupakan prajurit yang sedang pulang untuk berlibur setelah masa tugasnya selesai. Mereka menuju kota Tuzkurmato di dekat Kirkuk.
 Jum'at, 08/03/2019 08:29   0  
Kata kafir nyatanya memang tidak terlalu terpakai dalam keseharian umat Islam Indonesia ketika berinteraksi dengan orang kafir.
 Kamis, 07/03/2019 23:00   0  
Mantan dosen IAIN Bukittinggi Hayati Syafri berharap tidak ada lagi larangan bercadar di masyarakat
 Kamis, 07/03/2019 18:25   0  
Berembus Isu Pendidikan Agama Akan Dihilangkan, Kemenag Membantah
 Kamis, 07/03/2019 18:04 

SUARA PEMBACA


Sumber: 
Kiblat | Berita - Visi - Investigasi

FOKUS

AS Cabut Peraturan Intelijen Harus Laporkan Korban Sipil dalam Serangan Drone
Jum'at, 8 Maret 2019 10:15 
Foto: Ilustrasi drone
KIBLAT.NET, Washington – Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Rabu (06/03/2019), menandatangani surat Perintah Eksekutif mencabut pendekatan yang mengharuskan pejabat intelijen AS melaporkan kematian warga sipil dalam serangan drone AS di luar zona perang. Surat perintah ini menghapus peraturan yang dibuat oleh presiden sebelumnya, Barack Obama, yang mengharuskan semua operasi militer AS transparan.

Kantor berita Reuters, Kamis (07/03/2019), mengatakan bahwa tak penolakan atau keributan atas pencabutan. Gedung Putih segera menerbitkan teks Perintah Eksekutif ini.

“Langkah ini menghilangkan tuntutan pelaporan yang berlebihan, yang tidak meningkatkan transparansi pemerintah tetapi justru mengalihkan perhatian para spesialis intelijen dari masalah inti mereka,” kata seorang pejabat administrasi.
Sumber itu menambahkan bahwa pemerintah AS berjanji akan mematuhi undang-undang konflik bersenjata dan berupaya meminimalkan kerugian sipil dalam perang. AS akan mengakui jika jatuhnya korban sipil dalam operasi militer.

Barack Obama meneken kebijakan transparansi korban sipil dalam serangan drone AS pada 2016. Peraturan itu mengharuskan direktur intelijen nasional untuk menerbitkan pada tanggal 1 Mei setiap tahun laporan publik tentang jumlah serangan oleh Amerika Serikat terhadap target militan di luar wilayah konflik.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

BERITA TERKAIT


TITIAN



Sumber: 
AS Cabut Peraturan Intelijen Harus Laporkan Korban Sipil dalam Serangan Drone


Serangan Granat Lukai Belasan Orang di Kashmir India


Serangan Granat Lukai Belasan Orang di Kashmir India
18 orang dilaporkan terluka ketika sebuah granat meledak di sebuah halte bus di kota Jammu, India, di negara bagian Jammu dan Kashmir. Foto/Istimewa
JAMMU - 18 orang dilaporkan terluka ketika sebuah granat meledak di sebuah halte bus di kota Jammu, India, di negara bagian Jammu dan Kashmir. Serangan ini terjadi ditengah ketegangan antara Pakistan dan India di wilayah tersebut.

"Sebuah granat dilemparkan oleh orang tak dikenal yang meledak di bawah bus di terminal utama. Empat orang dalam kondisi kritis. Bus itu akan berangkat ke kota Pathankot di Punjab," kata seorang polisi.

Sementara itu, menurut pejabat polisi Jammu, MK Sinha granat itu dilemparkan dari luar terminal. "Tampaknya granat itu dilemparkan dari luar dan berguling di bawah bus dan menyebabkan luka-luka sekitar 18 orang," kata Sinha, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (8/3).



Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan terbaru di wilayah yang masih menjadi sengketa antara India dan Pakistan tersebut.

Sebelumnya, serangan bom bunuh diri yant terjadi 14 Februari menewaskan setidaknya 40 polisi India. Serangan itu diklaim oleh Jaish-e-Mohammed (JeM), sebuah kelompok militan yang berbasis di Pakistan.

Serangan itu menjadi awal dari ketegangan antara Islamabad dan New Delhi. Di mana New Delhi menuding Islamabad turut terlibat dalam serangan itu dan sebagai respon India melakukan serangan di wilayah Pakistan.

Pakistan yang marah kemudian melakukan serangan balik. India kemudian mencoba melakukan serangan balik, namun jet tempur mereka berhasil dicegat dan dijatuhkan oleh jet tempur milik Pakistan, yang membuat hubungan kedua negara semakin memburuk.

(esn)

Sumber: 
Serangan Granat Lukai Belasan Orang di Kashmir India












Tiada ulasan: