Rabu, 4 Disember 2019

Pengertian Asmaul Husna. 9397


Diterbitkan oleh Rin Du
Halaman Disukai · 

Pengertian Asmaul Husna

Pengertian Asmaul Husna dalam ajaran Islam adalah kumpulan nama yang baik dan indah yang disandang oleh Allah SWT. Jumlahnya ada 99 nama. Asmaul Husna berarti nama-nama, gelar, sebutan bagi Allah yang sejalan dengan sifat-sifat keagungan-Nya.

Para ulama terdahulu telah banyak yang melakukan penafsiran terhadap nama-nama dalam Asmaul Husnaini. Secara garis besar dapat ditarik kesimpulan bahwasanya nama-nama Allah ini adalah sebuah perantara untuk kita sebagai hamba untuk bisa lebih mengenal Dzat Allah sebagaiTuhan semesta alam. Tuhan yang harus kita imani dengan setulus hati.

Tidak sedikit juga terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama terdahulu berkaitan dengan jumlah nama Allah tersebut. Ada yang menyebut 99 seperti yang kita tahu sekarang, namun ada juga yang bilang 100, 200 atau bahkan 1000 nama. Namun yang terpenting di sini adalah kita harus memahami tentang hakikat sebenarnya atas dzat Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang wajib disembah.

Tak ada satu perkara di dunia ini yang dapat disejajarkan dengan kedudukan Allah. Sehingga tidak bisa kita dengan mudahnya mengatakan atau menulis “Allah itu adalah…..”. 


Ini kaitannnya dengan konsep pikiran atau akal kita yang amat terbatas.

Allah suci dari sifat-sifat kemahkhlukan dan tidak dapat diserupakan atau dimisalkan dengan suatu hal. Sebagaimana dalam kalam-Nya di surah Al-Ikhlas.

“Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan tempat bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia”. (Al-Ikhlas 112:1-4)

هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْأَسْمَاء الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Dialah Allah yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-nama yang paling baik. Bertasbih kepadaNya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. (QS. Al Hashr 59:24)”


Kredit:
https://peceq.blogspot.com/2019/10/bacaan-99-nama-nama-asmaul-husna-9382.html



Tiada ulasan: