Sabtu, 18 Januari 2020

Kasih sayang itu ada 100 bahagian. 9602


Allah ﷻ menjadikan kasih sayang itu menjadi seratus bahagian.

Sembilan puluh sembilan bahagian Allah tahan di sisi-Nya dan satu bahagiannya Allah turunkan ke muka bumi.

Maksud Sabda Rasulullah ﷺ  Dari satu bahagian (kasih sayang) inilah para makhluk Allah saling berkasih sayang sampai seekor kuda mengangkat kaki belakangnya untuk anaknya karena khawatir akan menimpa anaknya.” (HR. Bukhari) 

Allah baru taruk 1 bahagian kasih sayang ke dunia - manusia sudah macam-macam interpretasinya, momennya, kerenahnya, tonggang langgangnya, rindunya. keperitannya etc. Astaghfirullahalazim.

Daripada Abu Hurairah RA., Sabda Nabi ﷺ yang bermaksud: "Aku tinggalkan dalam kalangan kamu dua perkara yg kamu tidak sekali kali akan sesat selagi kamu berpegang teguh kepada keduanya, iaitu kitab Allah (Al Quran) dan Sunnah Rasulullah ﷺ."
Imej mungkin mengandungi: langit, luaran dan air, teks mungkin yang mengatakan 'MADAH HATI "Berusaha dan bekerjalah untuk mendapatkan ketentuan dari Allah swt. Janganlah menunggu ketentuan dari dari Allah swt swtta tanpa berusaha dan bekerja. Berusaha dan bekerja adalah hak kita. Sementara menentukan adalah hak Allah swt." ABU ADIB'

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

SAUDARA2 KU,
KEUTAMAAN HARI JUMAT

1. Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: ROSULULLOH ﷺ, bersabda: “ Sebaik-baik hari di mana terbit matahari adalah hari Jumaat. • Pada hari itulah, Nabi Adam diciptakan. • Pada hari itu dimasukkan surga. • Pada hari itu pula ia dikeluarkan dari Surga.” (H.R Muslim)

2. Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : ROSULULLOH ﷺ, bersabda: “Barangsiapa berwudhu dengan sempurna, kemudian mendatangi Salat Jumaat, lalu mendengarkan (khutbah) dan dia, maka diampunilah dosa yang ia lakukan antara hari itu sampai Jumaat yang lalu ditambah tiga hari. Dan barangsiapa menyentuh kerikil (artinya main-main pada waktu khatib berkhutbah, tidak mau mendengarkan) maka benar-benar tidak ada gunanya.” (H.R Muslim)

3. Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda: “Salat lima waktu, Jumaat. Dan Ramadhan adalah kafarat (penebus) atas dosa-dosa yang dilakukan di antara kesemuanya, selama dosa-dosa besar dijauhinya.” (H.R Muslim)

4. Dari Abu Hurairah ra, dan Ibnu Umar ra, bahwasanya keduanya mendengar ROSULULLOH ﷺ, bersabda di atas mimbarnya: “Orang-orang boleh memilih, mau menghentikan kebiasaan meninggalkan salat Jumaat atau ALLOH SWT sungguh sungguh akan menutupi hati mereka, hingga mereka benar benar menjadi orang-orang yang lalai.” (H.R Muslim)

5. Dari Ibnu Umar ra, bahwasanya ROSULULLOH ﷺ, bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian datang salat Jumaat, maka hendaklah ia mandi ” (H.R Bukhari dan Muslim)

6. Dari Abu Sa`id Al Khudriy ra. bahwasanya Rasulullah ﷺ, bersabda: “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang sudah baligh.” (H.R Bukhari dan Muslim)

7. Dari Samurah ra, ia berkata ROSULULLOH ﷺ, bersabda: “Barangsiapa yang wudhu pada hari Jumaat maka beruntunglah ia pada hari itu, dan barangsiapa yang mandi, itu lebih baik baginya.” (H.R Abu Dawud dan Turmudzi).

8. Dari Salman ra, ia berkata ROSULULLOH ﷺ, bersabda: “Seorang lelaki yang mandi pada hari Jumat dan bersuci diri semampu ia bersuci, memakai minyak atau wewangian, kemudian ia keluar ke masjid, tidak memisahkan antara dua orang yang sedang duduk untuk dilompati, lalu mengerjakan salat sesuai dengan yang telah ditentukan baginya, kemudian ia diam ketika imam(khatib) sedang berkhutbah, maka pasti dosanya diampuni antara Jumat itu dengan Jumat yang lalu.” (H.R Bukhari)

9. Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya ROSULULLOH ﷺ, bersabda: “Barangsiapa mandi pada hari Jumaat seperti mandi Jinabat, kemudian berangkat di saat pertama, maka seolah-olah ia berkurban unta. Barangsiapa berangkat di saat kedua, maka seolah-olah berkurban seekor sapi. Barangsiapa berangkat di saat ketiga, maka seolah-olah berkurban seekor kibas bertanduk. Barangsiapa berangkat di saat keempat, maka seolah-olah berkurban seeokor ayam. Dan barangsiapa berangkat di saat kelima, maka seolah-olah berkurban sebutir telur. Lalu apabila imam keluar (untuk berkhutbah) para malaikat pun hadir mendengarkan zikir.” (H.R Bukhari dan Muslim).

10. Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya ketika ROSULULLOH ﷺ, membicarakan hari Jumat. beliau bersabda: “Pada hari itu ada suatu saat, apabila ada seorang muslim yang sedang salat bertepatan, dengan saat itu kemudian ia memohon kepada ALLOH, niscaya ALLOH mengabulkan permohonannya.” Dan beliau berisyarat dengan tangannya menunjukkan bahwa saat itu sangat sebentar.” (H.R Bukhari dan Muslim)

11. Dari Abu Burdah bin Abu Musa Al Asy`ariy, ia berkata: Abdullah bin Umar ra, bertanya: “Apakah kamu pernah mendengar ayahmu menceritakan tentang saat yang istimewa pada hari Jumaat dari ROSULULLOH ﷺ?” Abu Burdah menjawab: “Ya, Saya pernah mendengar ayah berkata: Saya mendengar ROSULULLOH ﷺ, bersabda: “Saat itu berada di antara
duduknya imam sampai selesai salat.” (H.R Muslim).

12. Dari Aus bin Aus ra, ia berkata : ROSULULLOH ﷺ, bersabda: “Sesungguhnya hari yang paling utama adalah hari Jumat, maka perbanyaklah membaca salawat untukku pada hari itu karena bacaan salawatmu pasti disampaikan kepadaku.” (H.R Abu Dawud)

» SEMOGA MANFAAT

» SEMOGA ALLOH SWT MENGGERAKKAN HATI & LANGKAH KITA, UNTUK BISA MENDIRIKAN SOLAT JUM'AT BERIKUT AMALAN2 NYA.

Aaamiin Ya Robbal'Alamiin






Tiada ulasan: