Rabu, 4 Mac 2020

Menelusuri kamp 'de-radikalisasi' Muslim Uighur di China. 9837







Muslim Uighur: Dikirim menjadi 'buruh kerja paksa' dalam rantai pasokan global Apple, Nike dan Dell 
GETTY IMAGES Image caption 
Pabrik Taekwang termasuk yang mempekerjakan Muslim Uighur untuk membuat sepatu.

Ribuan Muslim Uighur di China disebutkan bekerja di bawah keterpaksaan di pabrik-pabrik yang memasok ke beberapa merek terkenal dunia, menurut satu laporan.

Australian Strategic Policy Institute (ASPI) mengatakan hal ini merupakan fase baru dalam program re-edukasi terhadap Muslim Uighur. China menahan sekitar satu juta Muslim Uighur di kamp tahanan, menghukum serta mengindoktrinasi mereka.




Secara resmi, kamp-kamp ini disebutkan punya tujuan untuk melawan ekstremisme. Laporan ASPI diterbitkan sesudah pejabat senior China menyatakan kepada wartawan bulan Desember tahun lalu bahwa anggota kelompok minoritas dalam kamp telah "lulus".

Apa kata laporan itu?

ASPI memperkirakan antara 2017 dan 2019 ada lebih dari 80.000 etnik Uighur dipindahkan dari wilayah otonomi Xinjiang untuk bekerja di pabrik-pabrik di seluruh China. Menurut laporan itu, beberapa dari mereka langsung di kirim dari kamp tahanan. Menurut ASPI warga Uighur dipidahkan melalui skema transfer buruh yang dijalankan oleh pemerintah pusat, bernama Xinjiang Aid.
Hak atas foto REUTERS Image caption 
Pekerja berlajan di luar pagar tempat yang disebut secara resmi sebagai pusat pelatihan ketrampilan di Dabancheng di Xinjiang, September 2018.

Menurut laporan tersebut, pabrik-pabrik tersebut merupakan bagian dari rantai pasok dari 83 merek global terkenal termasuk Nike, Apple dan Dell. Laporan ini mengatakan "sangat sulit" bagi Muslim Uighur untuk menolak atau melarikan diri dari penugasan kerja ini, karena adanya ancaman "penahanan semena-mena" yang menghantui mereka. Laporan ini menambahkan adanya bukti bahwa pemerintah lokal dan perantara privat "dibayar per kepala" oleh pemerintah Xinjiang untuk mengatur penugasan, yang disebut ASPI sebagai "fase baru represi terus menerus dari pemerintah China" terhadap Muslim Uighur.

"Laporan kami memperjelas bahwa perampasan yang terjadi pada Muslim Uighur dan etnis minoritas lain di Xinjiang punya ciri yang jelas sebagai eksploitasi ekonomi," kata salah satu penulis laporan Nathan Ruser kepada BBC. "Kami berhasil mengungkap hal ini dari rantai pasokan global yang selama ini tersembunyi". Laporan mengenai kamp tahanan di Xinjiang ini pertamakali muncul tahun 2018. Pihak berwenang China megnatakan itu merupakan "pusat pelatihan keterampilan" yang dipakai untuk melawan ekstremis keagamaan. Namun bukti-bukti memperlihatkan banyak orang yang ditahan karena memperlihatkan agama dan keyakinan mereka dengan melakukan salat, berdoa atau memakai jilbab, atau memiliki hubungan dengan negara luar seperti Turki.




Beijing menghadapi tekanan internasional yang terus meningkat terkait hal itu. Media pemerintah China mengatakan kesertaan dalam skema perpindahan ini bersifat sukarela. Pejabat menyangkal adanya "kerja paksa" untuk keperluan komersial buruh-buruh dari Xinjiang ini, menurut laporan ASPI.

Di mana mereka bekerja?

ASPI mengatakan telah mengidentifikasi 27 pabrik di sembilan provinsi di China yang menggunakan buruh yang ditransfer dari Xinjiang sejak 2017. Di pabrik-pabrik itu, ASPI menyatakan Muslim Uighur umumnya dipaksa tinggal di asrama terpisah, belajar bahasa Mandarin dan menjalani "pelatihan ideologi" di luar jam kerja.
Mereka juga diawasi terus menerus dan dilarang menjalankan praktik keagamaan. Menurut ASPI, perusahaan-perusahaan China dan luar negeri "mungkin tanpa sadar" terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia. ASPI menyerukan agar mereka melakukan "pemeriksaan segera dan menyeluruh" terkait pelaggaran hak asasi manusia ini di pabrik-pabrik mereka di China. Surat kabar Washington Post mengunjungi satu pabrik yang disebutkan dalam laporan, yang memproduksi sepatu untuk perusahaan raksasa olah raga Nike.

Kata mereka, pabrik itu mirip penjara, dilengkapi pagar berduri, menara pengawas, kamera dan pos polisi. "Kita bisa jalan-jalan di sini, tapi tak bisa kembali ke Xinjiang," kata seorang perempuan Uighur kepada Washington Post di pintu gerbang pabrik itu di kota Laixi. Nike mengatakan kepada Washington Post mereka "berkomitmen untuk menegakkan standar internasional ketenagakerjaan" dan pemasok mereka "dilarang menggunakan segala jenis penjara kerja paksa, kerja terikat dan kuli kontrak". Apple mengatakan mereka "mengambil semua langkah untuk memastikan bahwa semua dalam rantai pasokan mereka diperlakukan dengan hormat dan penghargaan yang selayaknya mereka dapatkan". Sementara itu Dell mengatakan mereka akan mengecek temuan tersebut.


Sumber: 
Muslim Uighur: Dikirim menjadi 'buruh kerja paksa' dalam rantai pasokan global Apple, Nike dan Dell - BBC News Indonesia

Kerusuhan antar umat beragama di Delhi: Warga Muslim terpaksa mengungsi, warga Hindu ketakutan

BBC News Indonesia - Berita - 9 minit yang lalu
Bentrok antar umat beragama di pinggiran kota di utara Delhi, India, menyisakan kehancuran. Lebih dari 46 orang meninggal dunia dalam bentrokan tersebut.

Kerusuhan antara umat beragama di Delhi: Warga Muslim terpaksa mengungsi, warga Hindu ketakutan

Bentrok antar umat beragama di pinggiran kota di utara Delhi, India, menyisakan kehancuran. Lebih dari 46 orang meninggal dunia dalam bentrokan tersebut.

Namun, yang paling terdampak adalah warga Muslim karena banyak rumah dan toko mereka yang rusak serta terbakar. Imbasnya, mereka terpaksa mengungsi. "Siapa yang akan mengganti semua kerugian ini dan kapan kami bisa pulang?" tanya mereka.

Di sisi lain, ketakutan juga masih terasa di permukiman warga Hindu. "Ada bom molotov yang dilempar ke rumah. Kami ketakutan."

Simak juga:

Perempuan Muslim kisahkan kerusuhan Delhi: 'Kesalahan kami hanyalah terlahir sebagai Muslim'

Kerusuhan Delhi: Apa di balik kerusuhan yang berujung pada konflik antara Hindu dan Muslim?

'Polisi pahlawan' di India yang mengadang amukan massa demi selamatkan nyawa

Konflik antar umat beragama ini dipicu oleh undang-undang kewarganegaraan yang oleh para kritikus disebut mendiskriminasi warga Muslim. Regulasi itu memperbolehkan warga non-Muslim asal Bangladesh, Pakistan dan Afghanistan yang masuk ke India secara ilegal, untuk menjadi warga negaranya.

Pemerintah India yang kini dikuasai oleh partai Nasionalis Hindu, Bharatiya Janata Party (BJP), mengatakan undang-undang ini akan memberi perlindungan bagi orang-orang yang melarikan diri dari persekusi agama. RUU ini memicu aksi protes sejak diloloskan tahun lalu, beberapa di antaranya berujung bentrok. Adapun bentrokan yang terjadi Februari lalu, merupakan yang terparah.

Sumber: 
Kerusuhan antar umat beragama di Delhi: Warga Muslim terpaksa mengungsi, warga Hindu ketakutan - BBC News Indonesia

'Polisi pahlawan' di India yang mengadang amukan massa dalam konflik agama demi selamatkan nyawa
28 Februari 2020
Hak atas foto ANKIT SRINIVAS Image caption 
Neeraj Jadaun mengatakan ia hanya melakukan tugasnya.
Seorang polisi India disanjung sebagai pahlawan setelah dengan berani mengadang amukan massa demi menyelamatkan beberapa keluarga selama konflik agama di Delhi.

Kerusuhan di ibu kota itu pecah pada hari Minggu, menewaskan 38 orang dan melukai lebih dari 200 orang. Neeraj Jadaun, seorang inspektur polisi di negara bagian tetangga Uttar Pradesh, mengatakan kepada wartawan BBC Vikas Pandey bahwa ia sedang berpatroli di pos pemeriksaan perbatasan pada 25 Februari ketika mendengar suara tembakan dari Karawal Nagar di Delhi — berjarak hanya 200 meter dari dirinya. Ia melihat gerombolan 40-50 orang membakar kendaraan ketika salah satu dari mereka melompat ke sebuah rumah dengan membawa bom molotov.

Pada saat itu, Jadaun memutuskan untuk melanggar protokol kepolisian dan mengambil keputusan kilat melintasi perbatasan negara bagian ke Delhi.




Di India, petugas kepolisian perlu izin secara eksplisit untuk melintasi perbatasan negara bagian. "Saya memutuskan untuk melintas. Saya rela pergi sendirian meski sadar akan bahaya dan fakta bahwa itu di luar yurisdiksi saya. Itu adalah 15 detik paling menakutkan dalam hidup saya. Syukurlah, rekan-rekan saya mengikuti saya, dan senior saya juga mendukung ketika saya memberi tahu mereka kemudian," katanya. "Itu berbahaya karena kami kalah jumlah dan para perusuh itu bersenjata. Pertama-tama kami mencoba bernegosiasi dengan mereka dan ketika gagal, kami berkata kepada mereka bahwa polisi akan melepaskan tembakan. "Mereka mundur, tapi beberapa detik kemudian mereka melempari kami dengan batu dan kami juga mendengar suara tembakan," imbuhnya. Namun Jadaun dan timnya bertahan di posisi mereka dan terus menekan balik sampai para perusuh akhirnya pergi.

Richi Kumar, seorang reporter harian berbahasa Hindi Amar Ujala, menyebut keputusan Jadaun sebagai "tindakan paling berani" yang pernah dilihatnya. "Situasinya sangat berbahaya. Para perusuh bersenjata lengkap dan mereka tidak mau mendengarkan siapa pun. Saya bisa menyebut mereka haus darah. Mereka melempari polisi dengan batu tetapi Pak Jadaun tidak mundur. Ada risiko nyata bahwa polisi bisa ditembak oleh perusuh," katanya kepada BBC.
Image caption Jadaun mengambil keputusan kilat untuk melintasi perbatasan dan menghentikan massa yang marah.

Kerusuhan pertama kali pecah di utara-timur Delhi antara pengunjuk rasa yang mendukung dan menentang hukum kewarganegaraan yang kontroversial. Namun sejak itu kerusuhan berkembang menjadi bernuansa komunal. Jadaun mengatakan para perusuh yang ia lihat bersiap-siap melakukan pembakaran. "Di daerah itu ada banyak toko dengan bahan bambu. Api akan melahap seluruh area dan jika itu terjadi, angka kematian di Delhi akan jauh lebih tinggi." Tapi, Jadaun tidak nyaman disanjung sebagai pahlawan. "Saya bukan pahlawan. Saya sudah bersumpah untuk melindungi warga India dalam bahaya. "Saya hanya melaksanakan tugas karena saya tidak mau membiarkan orang mati di bawah pengawasan saya. Kami berada dalam posisi untuk turun tangan dan kami melakukan itu," ia menambahkan.

Tindakan heroik kecil serupa – yang menunjukkan umat Hindu dan Muslim saling menolong – juga mulai bermunculan. Subhash Sharma, dari Ashok Nagar, salah satu daerah yang paling parah terdampak kerusuhan, bercerita bahwa ia lari untuk membantu setelah massa membakar masjid. "Ada ribuan orang di gerombolan dan hanya ada segelintir di masjid. Begitu saya melihatnya terbakar, saya menyalakan pompa air di rumah saya dan berlari ke sana membawa selang," kata Sharma kepada BBC Hindi. Murtaza, seorang laki-laki dari desa yang sama, mengatakan bahwa ia ingin melarikan diri dari daerah itu, tetapi tetangga-tetangganya yang beragama Hindu memintanya agar tidak pergi. "Mereka meyakinkan kami bahwa mereka tidak akan membiarkan siapa pun menyakiti kami," katanya.
Hak atas foto AFP Image caption 
Kerusuhan berbasis agama telah menewaskan 38 orang dan melukai lebih dari 200 lainnya.

Wartawan BBC Hindi Mohammed Faisal juga berbicara dengan dua orang bertetangga – seorang Hindu dan seorang Muslim – dari kawasan taman Vijay di Maujpur, salah satu daerah yang paling parah terdampak kekerasan. Keduanya menceritakan bagaimana mereka mengumpulkan para tetangga untuk mengusir massa yang membakar kendaraan dan menghancurkan jendela di bangunan-bangunan sekitarnya. "Pada hari berikutnya kami menutup jalan utama dan para warga berkumpul dan duduk di luar," kata salah satu dari pria itu, Jamaluddin Saifi.

Warga di sana juga membentuk "komite perdamaian" – terdiri dari umat Hindu dan Muslim – yang mendatangi rumah ke rumah untuk memberi tahu warga agar tidak percaya desas-desus dan menjaga anak-anak di dalam. Sementara ibu kota India berusaha untuk pulih dari kekerasan, kisah-kisah inilah yang memberi penduduk sedikit harapan bahwa kehidupan pada akhirnya akan kembali normal.

Sumber: 
'Polisi pahlawan' di India yang mengadang amukan massa dalam konflik agama demi selamatkan nyawa - BBC News Indonesia

Pengalaman 40 tahun bantu PM tadbir negara dengan baik

ainulillia pada Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 42 minit yang lalu
KUALA LUMPUR, 8 Rejab 1441H, Selasa – Pengalaman 40 tahun dalam kerajaan dan politik yang dimiliki Perdana Menteri, Tan Sri Muhyiddin Yassin mampu membawa Malaysia ke arah lebih baik khususnya dalam usaha memulihkan kembali ekonomi dan imej negara, kata penganalisis politik. Bekas Pensyarah Pusat Pengajian Sains dan Kemasyarakatan Universiti Sains Malaysia (USM), Profesor Dr Ahmad Atory Hussain berkata, rekod dan prestasi baik yang ditonjolkan … The post Pengalaman 40 tahun bantu PM tadbir negara dengan baik appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

Kejatuhan khilafah Uthmaniyah

fazleen safina pada Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 42 minit yang lalu
3 MAC 1924 menandakan secara rasminya kejatuhan khilafah Uthmaniyyah dalam bahasa asalnya Turki disebut sebagai Devlet-i ʿAlīye-i ʿOsmānīye. Kejatuhan ini menandakan kejatuhan secara rasmi kuasa Islam jatuh setelah hampir 1300 tahun berkuasa di rantau timur tengah, Mediterranean selatan Eropah, sebahagian Afrika dan Nusantara Melayu. Kejatuhan ini menggegarkan dunia Islam kerana tempat mereka berteduh kini sudah … The post Kejatuhan khilafah Uthmaniyah appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

PKR Pulau Pinang akan ambil tindakan tegas ahli khianat parti – Pengerusi

Unknown pada DIALOG RAKYAT - 12 minit yang lalu
Bernama [image: 06082018_SIDANG-PARLIMEN_13]*Muhammad Bakhtiar Wan Chik. foto FAREEZ FADZIL* GEORGE TOWN – PKR Pulau Pinang hari ini memberi amaran akan mengambil tindakan tegas terhadap ahlinya yang belot dan mencemarkan nama baik parti itu. Pengerusi PKR Pulau Pinang, Muhammad Bakhtiar Wan Chik berkata, Majlis Pimpinan Negeri (MPN) PKR Pulau Pinang mendapati beberapa cabang parti melakukan aktiviti politik khianat itu dan ia mendapat liputan media. “Melihat kepada kenyataan yang disebut oleh pihak ini, kami ingin menegaskan bahawa terdapat kepincangan serta percanggahan maklumat ... lagi »


PH selar tindakan polis siasat Marina Mahathir

Unknown pada DIALOG RAKYAT - Sejam yang lalu
Shawaliah Hadir [image: MGF27082019_KEPUTUSAN-SISTER-IN-ISLAM_10]*Datuk Marina Mahathir.* KUALA LUMPUR – Pakatan Harapan (PH) mengecam tindakan polis menyiasat tiga aktivitis terlibat dalam perhimpunan Perhimpunan Selamatkan Malaysia, Tolak Pengkhianatan di Dataran Merdeka 1 Mac yang lalu termasuk seorang individu yang didakwa memuat posting didakwa menghasut menerusi laman sosial. Tiga aktivis yang dimaksudkan ialah anak perempuan bekas Perdana Menteri, Tun Dr. Mahathir Mohamad iaitu Datin Paduka Marina, Datuk Ambiga Sreenevasan dan Fadiah Nadwa Fikri. PH mendakwa tindakan tersebut... lagi »

Hina Agong: 10 kertas siasatan dibuka

Unknown pada DIALOG RAKYAT - Sejam yang lalu
*Dewi Nur Harasha Alias, *Astro Awani [image: Hina Agong: 10 kertas siasatan dibuka] *Polis juga sedang menjalankan siasatan terhadap beberapa lagi akaun media sosial yang melakukan perkara yang sama. - Gambar fail* *GEORGETOWN*: Polis telah sudah membuka 10 kertas siasatan berhubung kes penghinaan terhadap Yang Di-Pertuan Agong, Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah di laman media sosial. Timbalan Ketua Polis Negara, Datuk Mazlan Mansor berkata, setakat ini siasatan lanjut sedang dilakukan bagi melengkapkan kertas siasatan sebelum ia dirujuk ke Jabatan Peguam Neg... lagi »

Wanita, Kalau Mau Berhias, Ketahui Dulu Ini

Dini Koswarini pada Islampos - Sejam yang lalu
Lahirnya = badannya/tubuhnya dia takkan pernah lewat dengan kaca maka dari itu dia menyukai keindahan baik itu kemolekkan tubuhnya maupun wajahnya juga akhlaqnya. The post Wanita, Kalau Mau Berhias, Ketahui Dulu Ini appeared first on Islampos.

Ya Allah, Aku Ingin Menikah

Mila pada Islampos - Sejam yang lalu
Ketahuilah bahwasanya rumah tangga tak hanya sekadar aktivitas membangun rumah, melainkan juga membangun tangga-tangga menuju surga. The post Ya Allah, Aku Ingin Menikah appeared first on Islampos.

Pesantren Tahfidz Raudhatul Quran Terima Santri Baru

Saad Saefullah pada Islampos - Sejam yang lalu
Visi dan misi: mencetak anak-anak sejak dini untuk hafal Alquran & membentuk karakter anak sesuai dengan Alqur'an. The post Pesantren Tahfidz Raudhatul Quran Terima Santri Baru appeared first on Islampos.

Ketua Menteri Melaka Yang Degil Ditamatkan Perkhidmatan

Author pada Minda Rakyat - Sejam yang lalu
PENGERUSI Pakatan Harapan (PH) Melaka, Adly Zahari mengesahkan perkhidmatannya sebagai Ketua Menteri Melaka sudah ditamatkan sejak 4 petang semalam. Adly berkata, makluman itu disampaikan Yang di-Pertua Negeri Melaka, Tun Dr. Mohd Khalil Yaakob kepadanya dengan alasan ia adalah arahan daripada ‘pihak atasan’. Menurutnya, sejak semalam beliau masih belum ke pejabatnya di Seri Negeri, Ayer Keroh, namun difahamkan barangannya sudah dikemaskan. “Saya dimaklumkan perkhidmatan saya sebagai Ketua Menteri Melaka ditamatkan 4 petang semalam. “Saya tidak melepaskan jawatan berkenaan s... lagi »

6 Penyebab Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh, Waspadai

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - Sejam yang lalu
Batuk disebabkan oleh berbagai macam hal dan memiliki berbagai jenis kondisi yang berbeda. Umumnya, batuk ringan akan sembuh sendirinya antara 2 sampai 3 minggu. Namun perlu diketahui beberapa penyebab batuk yang tidak kunjung sembuh dan patut diwaspadai.

Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Sejauh Lebih dari 3 Km

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - Sejam yang lalu
Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas sejauh tiga kilometer, Selasa (3/3) pukul 17.33 WIB. Saat ini gunung tertinggi di pulau Jawa tersebut masuk dalam level II atau waspada.

4 Cara Membuat Mie Goreng Jawa yang Enak dan Praktis

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - Sejam yang lalu
Bagi Anda yang ingin mencoba lezatnya Mie Goreng Jawa, makanan ini bisa dibuat dengan mudah di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemui di dapur Anda. Merangkum dari berbagai sumber, berikut cara membuat Mie Goreng Jawa yang enak dan praktis.

4 Padang Rumput di Jawa Timur yang Lebih Keren dari Ranu Manduro

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - Sejam yang lalu
Kondisi di kawasan Ranu Manduro tidak lagi seindah yang tergambar dalam video. Ratusan orang berduyun-duyun menuju kawasan ini dan menimbulkan jalanan macet. Berikut alternatif yang bisa dijadikan destinasi wisata pilihan.

Istri Rasulullah ﷺ yang Dermawan. 


Sumber gambar: google.com

Siapa bilang kalau Islam sangat melarang perempuan untuk keluar rumah? Itu salah besar, Gansist. Di jaman Rasulullah ﷺ, banyak sahabiyah yang turut serta dalam pembangunan peradaban Islam. Mereka terjun langsung menjadi pejuang saat peperangan, mengalirkan ilmu, dan ada juga yang berdagang. Salah satunya adalah istri Rasulullah ﷺ yakni Zainab binti Jahsy. Tidak seperti istri Rasulullah ﷺ yang lain, Zainab ini adalah satu-satunya istri Rasulullah ﷺ yang dinikahkan langsung oleh Allah dengan nash kitab-Nya tanpa saksi dan wali. Hal ini seperti yang sering diutarakan oleh Zainab kepada istri-istri Rasulullah ﷺ yang lain.


“Kalian dinikahkan oleh wali-wali kalian, sementara aku dinikahkan oleh Allah dari atas ‘Arsy-Nya.” (Diriwayatkan oleh Zubair bin Bakar dalam Al-Muntakhob min Kitab Azwajin Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, 1:48 dan Ibnu Sa’d dalam Thabaqah Kubra, 8:104-105 dengan sanad yang shahih).

Keistimewaan lain dari seorang Zainab adalah kegemarannya bersedekah hingga sepeninggalannya, Zainab tidak meninggalkan harta berharga apapun padahal dia adalah seorang pedagang. Ya, meskipun menyandang gelar sebagai istri Rasulullah
 ﷺ, Zainab dan juga istri-istri lain tidak lantas berpangku tangan. Zainab memilih perniagaan sebagai profesinya.
Zainab memiliki bisnis perdagangan qirbahQirbah adalah sejenis kerajinan tempat air yang digunakan sebagai tempat minum dan ada juga yang digunakan sebagai alat penyiram tanaman yang terbuat dari kulit binatang. Dari hasil perdagangannya itulah Zainab selalu mendermakan hartanya untuk kaum miskin.

Atas kegemaran mulianya itu, Rasulullah sempat bersabda kepada istri-istrinya bahwa siapa yang segera menyusul (kematian)nya adalah yang paling dermawan (paling panjang tangannya).

Aisyah berkata, “Suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada istri-istrinya, ‘yang paling cepat menyusulku dari kalian adalah yang paling panjang tangannya,’ Aisyah berkata, ‘Maka kami setelah itu jika berkumpul saling mengukur tangan-tangan kami di tembok sambil melihat mana yang paling panjang, tidak henti-hentinya kami melakukan hal itu sampai saat meninggalnya Zainab, padahal dia adalah wanita yang pendek dan tidaklah tangannya paling panjang di antara kami, maka tahulah kami saat itu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memaksudkan panjang tangan adalah yang paling banyak bershadaqah. Adalah Zainab seorang wanita yang biasa bekerja dengan tangannya, dia biasa menyamak dan menjahit kemudian menshadaqahkan hasil kerjanya itu di jalan Allah’,” (Muttafaq Alaih)

Sumber gambar: google.com

Berbagai keistimewaan yang dimiliki oleh Zainab binti Jahsy ini sering menimbulkan kecemburuan di kalangan para istri Rasulullah
 ﷺ, hingga akhirnya turunlah surat Al Tahrim akibat kecemburuan para istri Rasulullah ﷺ tersebut.

Demikianlah kisah dari perempuan yang menginspirasi ane, Zainab binti Jahsy bekerja bukan untuk memperkaya diri Gansist, dia bekerja untuk mendermakan hartanya bagi kaum miskin. Pelajaran banget buat ane yang masih suka ngiler liat barang bagus.

Sumber :
1. https://islami.co/zainab-binti-jahsy...ar-bersedekah/

2. http://id.wikishia.net/view/Zainab_binti_Jahsy

3. https://kisahmuslim.com/2360-zainab-...leh-allah.html

Sumber gambar/artikal
www.google.com

Zainab Binti Jahsy | KASKUS

Tiada ulasan: