Selasa, 14 April 2020

Aktivitil manusia mengubah bumi. Akhirnya generasi manusia berikutnya menerima padah. 10195


Untuk orang-orang Isalm artikel di bawah berpeganglah kepada Al Quran dan Hadis. In Syaa Allah kita tidak terjerumus kepada hal-hal kekufuran. Al Quran dan Hadis telah lebih awa memberitahu kita bagaimana berakhirnya alam (Hari Kiamat) 

Kagum atau Ngeri? 9 Prediksi Dunia di Masa Depan yang Bikin Merinding!
By AI   November 22, 2019
Memprediksikan masa depan sangat sulit mengingat memprediksikan prakiraan cuaca saja kadang tidak akurat. Siapa yang bisa menebak beberapa dekade yang lalu internet bisa membentuk wajah dunia saat ini?

Namun, banyak juga ilmuan di dunia yang sudah bisa membaca tren dan perkembangan saat ini. Mereka pun menciptakan prediksi mengenai seperti apa kehidupan di masa yang akan datang.
Beberapa visi dan prediksi tentang masa depan ini mungkin berlebihan, namun bisa saja terjadi. Nah, mari kita lihat prediksi paling jujur ​​tentang masa depan yang mungkin tidak ingin kamu bayangkan. 
1. Kepunahan massal keenam
Kepunahan massal adalah peristiwa mengerikan yang mengakhiri persentase terbesar kehidupan di bumi. Seperti yang dikatakan Cosmos Magazine, sejauh ini sudah terjadi lima kepunahan massal, ditambah lagi dengan berbagai kombinasi perubahan iklim dan bencana alam, peristiwa itu berhasil menghapus 75 persen atau lebih spesies dari permukaan planet ini.

Mengingat fakta bahwa sudah terjadi lima insinuates, para ilmuan meyakini bahwa akan ada yang keenam, seperti yang dijelaskan Science Mag.  Richard Leakey dari IUCN setuju bahwa dunia saat ini sedang menuju kepunahan massal terbesar sejak dinosaurus punah.

Physics World menunjukkan bahwa sekitar satu juta spesies di dunia mungkin akan menghadapi kepunahan berkat ulah manusia itu sendiri. Sebab, manusia telah memengaruhi sekitar 75 persen daratan dan dua pertiga dari lingkungan laut dengan berbagai tindakan destruktifnya. Namun dalam perspektifnya, skema kepunahan massal adalah bagian dari tatanan alam.
2. Antibiotik akan kehilangan fungsinya
Seperti yang kita tahu, antibiotik penting bagi pengobatan modern. Namun, dilansir dari Independent, ada fakta bahwa antibiotik akan segera berakhir.

Para dokter di dunia terlalu banyak meresepkan antibiotik sehingga obat itu menumpuk dalam sistem manusia dan membuat beberapa bakteri memiliki kemampuan untuk membangun resistensi yang menjadi "super". Industri ternak juga biasanya memberi antibiotik kepada makanan ternak untuk mencegah infeksi. 

Dikutip dari BBC, situasi superbug ini akan menjadi hal buruk. Jika manusia secara signifikan tidak mengurangi penggunaan antibiotik yang merajalela, ada kemungkinan suatu hari nanti antibiotik akan kehilangan fungsinya.

Saat itulah infeksi biasa dan goresan kecil sekali pun akan berpotensi mematikan. Kemoterapi dan operasi besar pun tidak mungkin untuk dilakukan. Margaret Chan, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia bahkan mengatakan bahwa era pascaantibiotik mungkin akan menjadi akhir dari pengobatan modern. 

Untungnya, hal ini belum terjadi. Para ahli mengatakan resistensi antimikroba akan menjadi ancaman yang lebih besar daripada kanker dan pengaruhnya terhadap ekonomi global akan sangat besar juga.
3. Perjalanan ruang angkasa komersial
Era ajang antariksa antarnegara memberi peluang bagi siapa saja untuk melakukan perjalanan ruang angkasa secara komersial. Axios menjelaskan bahwa Jeff Bezos, salah satu pengusaha terkaya, ingin membuka jalan bagi satu triliun manusia untuk menjelajahi tata surya. Elon Musk sendiri sedang memfokuskan dirinya dalam proyek ke Mars. Namun, proyek tersebut membanderol harga tinggi untuk perjalanan ruang angkasa. 

Dilansir dari New York Times, tren perjalanan ruang angkasa saat ini tampaknya menjadi sasaran bagi orang-orang yang superkaya. Virgin Galactic dari Richard Branson menawarkan wahana antariksa dengan harga USD250 ribu (Rp3,5 miliar), dan sebuah perusahaan bernama Axiom Space berencana untuk membangun stasiun ruang angkasa komersial dengan kabin mewah seharga USD50-55 juta (sekitar Rp700-750 miliar).
4. Makanan di masa depan
Cara kita makan akan berubah seiring perkembangan zaman. Seperti yang dicatat oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, pertumbuhan populasi, perubahan iklim, dan preferensi makanan yang berkembang. Itu sebabnya, perlu dipikirkan kembali terkait sistem pangan manusia agar tidak dilanda krisis pangan.

Menurut National Geographic dan CNN, makanan kita di masa depan mungkin mengandung buih dan serangga. Strain alga, misalnya, fotosintesis hijau yang tersebar di kolam, danau atau waduk yang tidak dirawat mungkin akan menjadi sumber utama nutrisi manusia di masa depan.

Alga itu akan dikreasikan dalam bentuk smoothie, keripik, batang protein dan sejenisnya. Meskipun relatif mudah tumbuh karena tidak memerlukan air segar, alga memiliki rasa lumut yang sepertinya kurang nikmat.

Untungnya, para ilmuwan juga mengembangkan minyak ganggang dan mentega yang memiliki rasa lebih netral. Sementara itu, serangga akan ditumbuk menjadi bubuk protein seperti tepung dan dapat dicampur dengan apa saja.

Namun, jika makanan masa depan ini tampak kurang sedap, sains juga mengembangkan alternatif daging nabati dan bahkan ayam yang ditumbuhkan di laboratorium.
5. Hancurnya satelit
Sejumlah teknologi modern sangat bergantung pada keberadaan satelit. Menurut io9, penghancuran semua (atau bahkan sebagian besar) dari satelit di orbit akan membawa kita ke zaman batu, secara besar-besaran membatasi komunikasi dan menghancurkan GPS. Ini akan menciptakan efek domino yang juga menghilangkan internet, TV, radio, kartu kredit, dan ATM sehingga tidak berguna lagi. Selain itu, operasi militer pun akan terhambat. 

Mengapa ya penghancuran satelit bisa terjadi? 

Badai matahari yang besar bisa menciptakan badai geomagnetik yang kuat seperti pada 1859. Peristiwa tersebut membakar semua perangkat yang mengorbit di angkasa. Selain itu, bisa juga diakibatkan oleh sindrom Kessler, reaksi berantai dari tabrakan puing-puing ruang angkasa yang menjadi malapetaka.

Namun, badai matahari besar bukanlah salah satu penyebabnya. Manusia juga bisa jadi penyebabnya, lho. Dilansir dari Verge, pada 2019, India meluncurkan sistem rudal antisatelit baru yang dapat menghancurkan satelit yang mengorbit dari Bumi.
6. Ambisi global China
Dilansir dari laman Independent, Presiden Xi Jinping membuka Kongres Nasional pada 2017 yang bertujuan untuk menjadikan China "Pemimpin Global" pada 2050. Pidato tiga setengah jam oleh Jinping itu menyatakan bahwa China memiliki misi untuk menjadi kekuatan utama di hampir setiap bidang, mulai dari politik, ekonomi dan militer dengan tujuan positif karena memberikan kontribusi lebih besar bagi umat manusia.

Seperti yang ditunjukkan Bloomberg, China sudah menjadi negara adikuasa ekonomi dan kemungkinan akan tumbuh untuk mendominasi Asia. Namun, negara ini menghadapi tantangan ekonomi dan keuangan yang besar di dalam perbatasannya sendiri, yang dapat membahayakan ambisi globalnya. China juga memiliki jaringan diplomatik yang jauh lebih kecil daripada Amerika Serikat dan jaringan aliansi formal, yang sangat penting bagi negara adidaya, kecil bahkan di dalam Asia.

Akhirnya, kebijakan luar negeri menyebutkan hambatan penting lain antara China dan dominasi global adalah China memiliki beberapa selebritas internasional dan budaya popnya tidak begitu berpengaruh di luar negeri. Kurangnya kekuatan global membuat mereka tidak mampu mempengaruhi dunia. 
7. Robot bisa memanipulasi manusia
Saat ini, manusia memiliki hubungan dengan robot. Itu karena mereka membantu segala macam pekerjaan kita. Namun, di sisi lain, bagaimana jika robot belajar memanipulasi kita?

Menurut laman Plos One, para peneliti dari Universitas Duisburg-Essen menerbitkan sebuah penelitian pada 2018 yang menunjukkan bahwa robot memang dapat memengaruhi kita, setidaknya sampai tingkat tertentu. Eksperimen mereka membuat 89 relawan berinteraksi dengan Nao, robot asisten humanoid.

Para sukarelawan mengira misi mereka adalah untuk meningkatkan kemampuan interaksi robot dengan menguji algoritma baru. Akan tetapi, pada kenyataannya, para peneliti mencari apakah robot bisa menstimulasi emosi manusia ketika peserta percobaan diminta untuk mematikan robot itu.

Namun Nao memohon untuk tidak dimatikan dan mengatakan, "Tidak! Tolong jangan matikan aku!" Kalimat itu pun sudah cukup untuk membuat para peserta ragu dan beberapa dari mereka bahkan langsung menolak untuk mematikannya.

Menurut rekan penulis studi ini, Nicole Krämer, yang berbicara dengan NBC News, mengatakan kalau Nao memang belum menemukan cara untuk memanipulasi manusia. Namun, Krämer menyatakan kalau manusia dirancang untuk bereaksi terhadap "isyarat sosial" tertentu. Manusia tidak peduli apakah lawan interaksinya itu berasal dari robot atau seseorang. Jadi manusia cenderung menganggap robot seperti orang, daripada peralatan.
8. Kota-kota terkenal akan tenggelam
Kota Venesia memang sudah diprediksikan akan tenggelam. Dilansir dari Quartz, saat ini saja kota itu sudah dilanda 60 kali banjir dalam setahun, atau meningkat empat kali lipat dari tahun 1900.

Oleh sebab itu, kota pelabuhan tersebut berusaha menanggulangi masalah ini dengan sistem gerbang badai yang disebut MOSE. Sayangnya, beberapa ahli mempertanyakan keefektifan sistem tersebut. Bahkan, mereka memperkirakan air akan menenggelamkan Venesia pada tahun 2100.

Dikutip dari laman Guardian, kota Venesia bukanlah satu-satunya kota yang terkena dampak kenaikan permukaan laut akibat pemanasan global. Osaka, Jepang juga bisa tenggelam dan menggusur sekitar 5,2 juta orang, serta mengancam ekonomi lokal.

Aleksandria, sebagai kota bersejarah di Mesir juga jadi korban potensial dari permukaan laut yang perlahan naik, dengan perkiraan tiga juta orang berisiko tenggelam sebagian pada 2070. Rio de Janeiro, Miami, dan Shanghai pun berisiko besar akan tenggelam.
9. Fasisme kemungkinan besar akan kembali muncul
Fasisme adalah istilah yang sering kita dengar akhir-akhir ini. 

Dilansir dari Vox, teori ini diperjuangkan oleh diplomat dan mantan Sekretaris Negara Madeleine Albright. Ia menjabarkannya dalam bukunya pada 2018, yaitu Fascism: A Warning. 

Albright melihat fasisme sebagai proses kekerasan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan dengan berpihak pada mayoritas dan menentang kelompok yang lebih kecil, seperti pada kasus Viktor Orbán. Albright menyebutkan bahwa fasisme akan muncul dari sebuah "momen" bukan "tren"

Sembilan prediksi atau perkiraan di masa depan mana yang kira-kira lebih masuk akal untuk terjadinya? Bagaimana menurut kalian? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar, ya

Sumber: 

Renungan Malam Dari Si Pendosa
#Renungan Malam - Sumber : hasil merenung pribadi.

Bismillahirrahmanirrahim.

Malam ini kembali mata tak bisa terpejam, setelah rentetan bayangan hitam terus menganggu pikiran dan bau busuk menyengat di telapak tangan kiri meski telah dicuci berulangkali.

Namun, bau hilang dalam sehari dan aku pun jatuh sakit.

Mungkin ada yang harus kutuliskan agar sehat kembali. Menulis tentang pandemi Covid-19, misalnya.

Setiap musuh Tuhan yang mengaku "tak ber-Tuhan" melancarkan tendangan dengan menciptakan virus mematikan bernama Sars Covid-19 yang konon sebetulnya virus ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, sekarang entah mengapa bisa bangkit dari mati suri, lalu terlepas lagi dan merajalela membunuh para mangsa tanpa pandang beragama apa pun.
Namun, beribu aksi dilakukan oleh musuh Tuhan yang mencoba menandingi kuasa-Nya. Banyak umat yang mengembuskan napas karena virus ini. Mereka tak pernah bisa berpikir bahwa Tuhan begitu mudahnya memerintah virus manapun untuk menjadi pasukan-Nya.

Senjata itu akan berbalik "memperingati" para musuh-Nya yang tiada ber-Tuhan. Hanya untuk menunjukkan kepada dunia, bukankah Tuhan sudah memberi kita peringatan sejak ribuan tahun lalu?

Bagaimana Tuhan mengutus burung ababil untuk melenyapkan tentara gajah saat akan menghancurkan kota Mekkah?

Bagaimana Tuhan mengutus air bah untuk menenggelamkan kaum Nabi Nuh yang ingkar?

Bagaimana Tuhan merajam kaum nabi Luth yang ingkar dengan menjatuhkan batu api panas dari atas gunung yang meletus di negeri Sodom?

Bagaimana Tuhan memerintahkan air Laut untuk menenggelamkan Firaun beserta para pengikutnya?

Bagaimana Tuhan mampu mendinginkan api yang membakar tubuh Nabi Ibrahim di hadapan Raja Nambruz dan pengikutnya?

Bagaimana Tuhan memerintahkan melenyapkan kota-kota "tanpa Tuhan" dalam sekali tiupan hingga seperti helaian kapas tiada arti?

Beribu umat-Nya yang mati akan tetap mati dalam keadaan baik.
Itu janji-Nya bagi manusia yang beriman pada-Nya.

Tuhanku adalah Allah. Sang Maha dari yang maha. Sang Pemilik Skenario Terbaik sepanjang masa, yang tak pernah ingkar dengan janji-Nya. Sang Maha Raja Pemilik bumi dan alam semesta. Atas perintah-Nya lah semua dapat bergerak dan bernapas.

Sehelai daun saja terjatuh, sudah dihitung se-per sekian detik dan jatuhnya di manapun sudah tertulis di Lauhul Mahfuz. Termasuk merajalelanya virus ini.

Apakah kita akan tetap selalu ingkar pada-Nya?

Mulut bisa komat-kamit berkata merindukan Ramadan. Namun, apakah bila Allah enyahkan pandemi ini, kita akan berubah 180 derajat untuk beribadah pada-Nya atau kembali melupakan ajaran Allah dan asyik memeluk dunia beserta isinya yang memabukkan?

Allah beri 14 hari untuk berpikir tapi kita tetap lebih mencintai keluarga, harta dan pekerjaan!

Allah beri waktu sebulan untuk kita mengingat, tapi kita tetap lupa pada-Nya!

Tak sedikit pun bertaubat. Tak sedikit pun berubah. Padahal semua telah ditunjukkan atas kuasa-Nya sebagai pemilik dari kerajaan langit dan bumi!

Padahal Allah sangat gampang untuk mengubah virus Covid-19 ini hanya seperti virus flu biasa.

Pada-Mu aku berlindung dari dibisukannya berita tentang-Mu.
Pada-Mu aku berlindung dari ditulikannya telinga untuk tak mendengar peringatan-Mu.
Pada-Mu aku berlindung dari segala kejahatan setan dan manusia dengan semua triknya yang tak kasat mata untuk membutakan setiap mata agar tak melihat Kebesaran-Mu.

Pada-Mu aku berlindung saat Dajjal datang dan memenjarakan hati yang buta dan telinga yang tuli.

Kekuasaan-Mu yang Maha Agung.
Tak bisa dibandingkan dengan andad-andad yang lain.
Hanya Engkau yang patut kudengar dan kutaati.

Ashadualla illahaillallah Waashaduanna Muhammad rasulullah

Aku bersaksi bahwa Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan-Nya

Saksiku disaksikan oleh dua malaikat. Disaksikan oleh bumi beserta isinya. Disaksikan oleh ikan-ikan di lautan, semut-semut, gunung-gunung yang bergetar, dan seluruh malaikat yang mendoakan dari atas langit.

Semoga tulisan ini bisa menghapus dosa-dosaku yang telah lalai pada-Mu.

Sumber: 

Bacalah al-Quran walaupun gagap
By admin   Posted in Semasa on April 14, 2020
SHAH ALAM – “Saya sedih saya dah lama tak baca Quran, lepas Maghrib tadi saya baca tapi saya tergagap-gagap, saya baca tak lancar, saya tak boleh nk baca, saya paksa mengeja dan membaca, lidah kaku keras. saya menangis.”

Itu luahan seorang pemuda dikenali Hanif kepada Menteri di Jabatan Perdana Menteri (Hal Ehwal Agama), Datuk Seri Dr Zulkifli Mohamad Al-Bakri di Twitter rasminya.

Dr Zulkifli yang tersentuh hati membaca luahan pemuda itu memberi kata-kata semangat.

“Bacalah walaupun tidak lancar. Kata Nabi Muhammad SAW, ada dua pahala bagi yang usaha baca walaupun gagap,” ciapnya.

Luahan pemuda itu juga menarik perhatian netizen yang rata-rata memberi sokongan kepadanya agar tidak mudah berputus asa dalam mempelajari al-Quran.

Antara yang memberi sokongan dan membuat pengakuan ikhlas berhubung perkongsian itu ialah Muhamad Fitri.

“Saya umur 22 tahun baru nak lancar bro. Dulu mengaji Quran tak habis. Lepas itu tinggal lama, hingga tok wan meninggal. Saya nak baca Yassin pun gagap.

“Semenjak hari itu, saya ikhtiar tebal muka pergi belajar walaupun sekali dengan budak-budak. Sekarang ni saya tengah nak bagi mantap makhraj huruf dengan tjwid,” katanya.

Sokongan juga diberikan daripada Mariana yang berharap semua Muslim terus mendalami, al-Quran.

“Alhamdulillah #ALLAH dah buka pintu hati untuk mendalami bacaan Quran teruskan Insya-ALLAH, ALLAH akan bantu teruskan usaha minta doa pada ALLAH #jiwa akan lebih tenang,” ciapnya.

Shida Ahmad pula berkata, “Teruskan membaca. Lama-lama nanti, lidah jadi lembut. Sambil tu, daftar untuk belajar mengaji contoh, di Al-Baghdadi ke, atau mana-mana kelas mengaji yang dekat dengan tempat tinggal. Ramai orang dewasa, lelaki, perempuan belajar mengaji kat tempat macam tu. Tak perlu malu.” – sinarharian
www.indahnyaislam.my
—-—
Sumbangan ikhlas untuk dakwah Indahnya Islam:
https://www.billplz.com/indahnyaislam
MYDAKWAH RESOURCES
5628 3464 5315 (Maybank Islamik)
Sumber: 

Innalillahiwainnailaihirojiun
Qidam Al-Fariski Disayat, Ditusuk, Ditembak Mati Lalu Difitnah Ter*ris

Tak hanya duka mendalam, keluarga korban Qidam Al-Fariski juga kecewa dengan stigma dan tudingan aparat kepolisian. Pasalnya, Qidam yang tewas di dor aparat saat melintas di belakang Polsek Poso Pesisir Utara pada Kamis, 09 April 2020 disebut di pemberitaan media dengan julukan teroris dan difitnah terlibat kelompok Ali Kalora (Mujahidin Indonesia Timur).

“Keluarga menolak Qidam ini dibilang teroris, terlibat dengan kelompok Ali Kalora. Bagaimana kenal dengan Ali Kalora, sedangkan daerah ini saja belum semua dia tahu. Ini tidak mungkin,” ungkap Azis Nusra, kakek dari Qidam.

Kepala Dusun Tobe, Desa Membuke, Kecamatan Poso Pesisir, I Wayan Wana Putra juga menolak jika Qidam disebut sebagai teroris. Menurutnya, di wilayah Desa Membuke pada saat itu tengah dilakukan operasi tanggap COVID 19. Ia sempat menyangka korban adalah PDP (Pasien Dalam Pemantauan) yang menghindar dari sweeping di jalan Trans Sulawesi.

“Karena kita fokus penanganan COVID 19, jadi perkiraan saya, beliau itu adalah pelarian PDP. Jadi saya itu tidak ada pikiran ke teroris malahan saya bilang (Qidam ini, red) ganteng sekali itu anak, dia punya cukuran rapi tidak ada motif-motif ke sana (terorisme), Bayangan saya waktu itu adalah cuman seputar virus ini,” tambah I Wayan.

I Wayan mengaku sempat bertemu dengan Qidam sebelum ditembak mati. Ia bahkan mendekati Qidam yang membawa ransel (beg galas), dan tidak mencurigai apapun.

“Kalau memang saya ada kecurigaan, dia itu bawa tas [beg] jadi tidak berani saya mendekat. Pasti saya akan takut karena bisa saja itu ada bom. Tapi saya dekati dia, saya rangkul. Itu anak saya bilang, ‘mari dek saya ajak ke rumah.’ Cuman waktu itu dia tidak mau,” ungkap Wayan saat ditemui di Desa Kilo.

Kondisi Jenazah Qidam terlihat sangat mengenaskan, sehingga hal ini menambah sakit hati keluarga dan masyarakat sekitar.

“Kabar yang kita dengar anak ini tertembak tapi kami keluarga kaget begitu kita melihat jenazahnya. Ternyata luka itu tidak seperti luka tembak. Banyak luka tidak wajar, seperti luka dianiaya sebelum meninggal. Itu yang membuat kita emosi,” ujar salah seorang kerabat wanita Qidam, saat ditemui di rumah duka.

Pihak keluarga menyatakan tidak terima dengan peristiwa salah tembak terhadap Qidam. Apalagi ditemukan bekas penganiayaan yang tidak wajar. “Dia seperti dianiaya sebelum ditembak,” tambahnya.

“Di pahanya ada sayatan panjang sampai mendekati kemaluannya seperti dirobek, kemudian di dada itu kena tembak tembus belakang. Ada juga tusukan di leher, kemudian kaki patah. Leher patah. Di dada ada seperti disayat-sayat dengan pisau,” ungkapnya lagi.

Sampai berita ini dilaporkan pihak kepolisian masih tetap menyatakan bahwa Qidam Al-Fariski adalah anggota MIT pimpinan Ali Kalora.(kiblat)


Keluarga Qidam Datangi DPRD Poso Minta Kasus Penembakan Diusut
Fajar Shadiq, News – Kiblat - Dengar pendapat yang berlangsung mendekati waktu zuhur itu lebih menitikberatkan tuntutan kepada kepolisian untuk segera mencabut pernyataan di media yang menuduh Qidam adalah kelompok teroris Ali Kalora. The post Keluarga Qidam Datangi DPRD Poso Minta Kasus Penembakan Diusut appeared first on Kiblat.

Komnas HAM Sulteng Desak Kapolri Terbuka Soal Kematian Qidam Alfariski

Imam, News – Kiblat - KIBLAT.NET, Palu – Keluarga melapor ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas-HAM) RI Perwakilan Sulawesi... The post Komnas HAM Sulteng Desak Kapolri Terbuka Soal Kematian Qidam Alfariski appeared first on Kiblat.

Soal Kematian Qidam, Polisi Dinilai Bikin Gaduh di Tengah Pandemi Corona
Rusydan, News – Kiblat - Misteri kematian pemuda warga Desa Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara, Qidam Al-Fariski pada Kamis (09/04/2020) malam masih terus berlanjut. Sejumlah pihak masih terus mempertanyakan penyebab kematiannya. The post Soal Kematian Qidam, Polisi Dinilai Bikin Gaduh di Tengah Pandemi Corona appeared first on Kiblat.

Gelora News - 13 April 2020
(nahimunkar.org)
Sumber: 

Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)

Tiada ulasan: